Bupati Nias Utara M. Ingati Nazara Membuka secara Resmi Kegiatan BBGRM dan HKG PKK

1
281
Pemerintah Kabupaten Nias Utara melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Nias Utara dan TP PKK Kabupaten Nias Utara
Bupati Nias Utara M. Ingati Nazara Membuka secara Resmi Kegiatan BBGRM dan HKG PKK

Nias Utara, NAWACITA – Pemerintah Kabupaten Nias Utara melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Nias Utara dan TP PKK Kabupaten Nias Utara melaksanakan kegiatan Pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) Ke-XVI. Jumat (4/10/19).

Baca Juga: Oknum Pendeta Lakukan Pemberkatan Nikah Anak tanpa Restu Orangtua

Tema Kegiatan tersebut yakni: “Dengan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat, Kita Dayagunakan Peran Lembaga Kemasyarakatan Desa Sebagai Mitra Pemerintah Desa” dan Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK Ke-47 tingkat Kabupaten Nias Utara dengan Tema: “Tingkatkan Kinerja Gerakan PKK Selaras Dengan Program Pemerintah”  yang dilaksanakan di Desa Lawira I Kecamatan Lotu Kabupaten Nias Utara.

Kegiatan diawali dengan Pengalungan Bunga kepada Bupati Nias Utara dan rombongan Pemerintah Daerah oleh masyarakat Desa Lawira I Kecamatan Lotu Kabupaten Nias Utara.

Raradodo Waruwu, SH

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Nias Utara, Raradodo Waruwu, S.H dalam laporannya menyampaikan bahwa maksud pelaksanaan kegiatan BBGRM tersebut adalah sebagai forum berhimpunnya lembaga kemasyarakatan untuk memperingati dan meningkatkan rasa kebersamaan dan rasa kegotong royongan yang bertujuan meningkatkan kepedulian serta peran aktif masyarakat berdasarkan kebersamaan, kekeluargaan dan kegotong royongan menuju pada penguatan integrasi sosial melalui kegiatan-kegiatan gotong royong terutama dalam bidang kemasyarakatan, ekonomi, sosial budaya dan lingkungan hidup.

Baca Juga: Wakil Bupati Nias Utara Membuka Secara Resmi Pelatihan Manajemen Homestay
Camat Lotu

Dalam Sambutan yang mewakili Tokoh Masyarakat, Camat Lotu Bazatulo Zalukhu menyampaikan bahwa masyarakat Lawira I Kecamatan Lotu sangat menyambut baik kegiatan tersebut dan mengharapkan kepada Pemerintah Kabupaten Nias Utara agar kedepan Desa Lawira I dapat diperhatikan dalam segi pembangunan khususnya pembangunan infrastruktur jalan di Desa Lawira I Kecamatan Lotu Kabupaten Nias Utara.

Seterusnya, Ketua TP PKK Kabupaten Nias Utara Ny. Dermawani M Ingati Nazara dalam sambutannya menyampaikan bahwa Peringatan HKG Ke-47 Tahun 2019 merupakan momen untuk mengajak menyamakan pandangan Visi dan Misi serta meningkatkan fungsi gerakan PKK dengan bakti dan karya nyata, melakukan hal-hal yang positif, serta meningkatkan daya kreatifitas dan inovatif dalam pengembangan program-program PKK agar selaras dengan garis kebijakan program Pemerintah yang dapat dicapai melalui Inovasi, Insiatif dan Ketekunan.

Ketua TP PKK Kabupaten Nias Utara juga mengharapkan dengan Peringatan HKG Ke-47 dan BBGRM Ke-XVI yang dipusatkan di Desa Lawira I Kecamatan Lotu dapat membawa semangat baru dan energi baru, menjadi pemicu semangat setiap gerak langkah dan krida gerakan PKK dalam mengabdi di tengah-tengah keluraga dan masyarakat.

Baca Juga: Yafeti Nazara: Gagalnya Penetapan P-APBD Nias Utara, Berimbas pada Kepentingan Rakyat

Disusul sambutan Ketua DPRD Kabupaten Nias Utara Hiskia Haefa, A.Ma,Pd menyampaikan bahwa melalui kegiatan Pencanangan BBGRM Ke-XVI dan Peringatan HKG Ke-47 dapat memberikan efek positif dan manfaat yang sebesar-besarnya, khususnya bagi terciptanya penguatan integrasi sosial dalam pelaksanaan pembangunan serta dapat meningkatkan rasa memiliki dan rasa tanggung jawab masyarakat terhadap hasil-hasil pembangunan yang telah dicapai.

Ketua DPRD Kabupaten Nias Utara juga mengharapkan kepada seluruh komponen masyarakat untuk terus berinovasi dalam memanfaatkan, mengembangkan serta melestarikan segenap potensi yang ada di wilayahnya masing-masing dalam upaya mewujudkan Kabupaten Nias Utara yang Maju, Berdaya Saing, Beriman dan Berbudaya.

Bupati Nias Utara M. Ingati Nazara dalam Arahan dan Bimbingannya menyampaikan bahwa kegiatan BBGRM Ke-XVI Tahun 2019 yang di integrasikan dengan Peringatan HKG Ke-47 Tahun 2019 bertujuan agar di dalam kehidupan masyarakat.

Hal ini senantiasa dilestarikan dan dikembangkan semangat kegotongroyongan dan keswadayaan berbasis pada nilai-nilai budaya masyarakat setempat. Lembaga kemasyarakatan yang berperan dalam menggerakan partisipasi masyarakat dan keswadayaan kiranya menjadi pelaksana program-program Pemerintah terutama yang tertuju di Desa untuk lebih mendorong prakarsa, swadaya serta partisipasi aktif masyarakat dalam semangat kebersamaan, keterbukaan dan keterpaduan dalam melakukan pembinaan, peningkatan pengetahuan,dan keterampilan  kepada masyarakat melalui berbagai kegiatan.

Baca Juga: Presiden Diminta Tidak Tunduk Dengan Kepentingan Parpol

Gerakan PKK sebagai pembangunan masyarakat yang tumbuh, dari oleh dan untuk masyarakat harus terus merajut dan merangkai potensi yang ada secara efektif dan integratif melalui program yang dimiliki dapat menciptakan keterikatan dan sinergitas yang kuat antara PKK dan Pemerintah Kabupaten Nias Utara sehingga akan mempercepat peningkatan kesejahteraan rakyat serta memberikan hasil yang baik, berarti dan bermanfaat bagi masyarakat.

Pada akhir arahannya, Bupati Nias Utara atas nama Pemerintah Kabupaten Nias Utara mengharapkan dan mengajak seluruh masyarakat untuk senantiasa menggelorakan semangat kegotong royongan dan keswadayaan dikalangan masyarakat secara aktif, melalui program kegiatan Nasional, yakni kegiatan bulan bhakti gotong royong masyarakat yang harus dilaksanakan dan disukseskan. “Selamat memperingati Hari Kesatuan Gerak (HKG) Ke-47 dan Pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) Ke-XVI Tahun 2019” tutup beliau, dan membuka secara resmi kegiatan tersebut.

Puncak kegiatan Pencanangan BBGRM ke-XVI dan Pertingatan HKG PKK ke-47 Tingkat Kabupaten Nias Utara Tahun 2019 dimeriahkan dengan Pemotongan Kue Ulang Tahun Peringatan HKG Ke-47 Tahun 2019 oleh Bupati bersama Ketua TP PKK Kabupaten Nias Utara dan dilanjutkan dengan penyerahan alat-alat Gotong royong kepada Camat se-Kabupaten Nias Utara serta penyerahan hadiah penghargaan kepada Kecamatan dan Desa yang telah mengikuti Lomba Desa pelaksana terbaik PAAR, Lomba Desa pelaksana terbaik Hatinya PKK, Lomba Desa pelaksana terbaik Posyandu, Lomba Penyuluh Tertib Administrasi Pokja I tentang PAAR, Lomba Parade Tertib Administrasi PKK dan Lomba membuat Janur dalam rangka menyambut dan memeriahkan kegiatan Peringatan HKG dan BBGRM di Kabupaten Nias Utara.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Staf Ahli, Asisten, Ketua DWP Kabupaten Nias Utara, Kepala OPD Kabupaten Nias Utara, Danramil Lahewa, mewakili Polres Nias, Camat-se Kabupaten Nias Utara, Kepala Desa, Pengurus dan Anggota PKK Kabupaten, Kecamatan dan Desa Se-Kabupaten Nias Utara, ASN dan Tokoh Masyarakat Desa Lawira I Kecamatan Lotu.

Gazali Zega (Nawacitapost, Nias Utara)

Comments are closed.