Tingkatkan SDM, Pemkot Gunungsitoli adakan Pelatihan Komputer untuk Remaja

0
227
Pemerintah Kota Gunungsitoli saat ini sedang giat-giatnya memberikan perhatian pada kemajuan teknologi dan digitalisasi untuk menunjang kinerja dan mengembangkan SDM.
Tingkatkan SDM, Pemkot Gunungsitoli adakan Pelatihan Komputer untuk Remaja

Gunungsitoli, NAWACITA – Pemerintah Kota Gunungsitoli saat ini sedang giat-giatnya memberikan perhatian pada kemajuan teknologi dan digitalisasi untuk menunjang kinerja dan mengembangkan SDM. Bertolak dari pengalaman perekrutan CPNS di lingkungan Pemkot Gunungsitoli beberapa waktu yang lalu, hampir 50% persen peserta gagal, karena tidak mampu mengoperasikan komputer yang seleksinya berbasis CAT (Computer Assisted Test).

Baca Juga: Resmi Dilantik, Prof. Yasonna Siap Mengemban Amanah Rakyat

Tindak lanjut dari keprihatinan akan penguasaan teknologi di kalangan masyarakat, Pemerintah Kota Gunungsitoli mulai memikirkan cara efektif untuk “menjemput bola” dengan melakukan pelatihan di desa-desa. Salah satunya adalah pelaksanaan pelatihan penggunaan komputer di kalangan remaja di Desa  Hiligodu Ulu.

Pelatihan komputer ini dibuka secara langsung oleh Camat Gunungsitoli Utara dan dihadiri oleh beberapa perwakilan dari PDTI, Aparat Desa Hiligou Ulu dan seluruh peserta pelatihan komputer.

Dalam sambutannya, Camat Gunungsitoli Utara menyampaikan bahwa, kegiatan ini merupakan bagian dari grand design Pemerintah Kota Gunungsitoli, untuk meningkatkan SDM dan “melek” teknologi di kalangan masyarakat.

“Di zaman ini, peran teknologi tidak bisa diabaikan. Hal yang sangat sederhana adalah penggunaan komputer. Melalui kemampuan pengoperasian komputer yang mumpuni, ini bisa memudahkan kita dalam menjalankan seluruh aktivitas, terutama untuk usia remaja (millenial) yang kedepannya akan bergelut dengan ini. Saat ini, hampir semua instansi sudah mulai menerapkan konsep digitalisasi dalam melakukan pekerjaannya” tandas Camat Gustar.

Baca Juga: Diakhir Masa Jabatan, DPRD Kota Gusit Bahas Penetapan APBD TA 2020

Sementara Kades Hiligodu Ulu menegaskan bahwa untuk saat ini, sasaran urgen dalam pelatihan dan kursus komputer ini adalah anak-anak remaja. Di hadapan seluruh peserta kursus, Kades menegaskan untuk serius dan menggunakan kesempatan ini dengan baik.

“Jika peserta pelatihan tidak serius dalam mengikuti kursus ini, maka mungkin lebih baik dihentikan saja”, tegas Kades Hiligodu Ulu.

Diketahui bahwa komputer/laptop yg tersedia untuk digunakan dalam pelatihan ini sebanyak 10 unit. 10 Unit laptop ini diharapkan bisa mengakomodir seluruh peserta pelajar yang ikut pelatihan dari 4 Dusun di Desa Hiligodu Ulu.

Jurdil Laoli S.Pd, sebagai tutor yang akan memberikan pelatihan tersebut mengatakan dengan tegas dinamika dalam proses pembelajaran yang akan dilaksanakan. Terutama menyangkut pengaturan jadwal, etiket saat belajar dan rasa memiliki terhadap alat-alat yang ada.

“Ini kesempatan emas yang diprogramkan oleh Pemkot secara gratis. Mari kita gunakan kesempatan ini semaksimal mungkin sebagai bekal kedepannya”, imbuh Jurdil.

Baca Juga: Ketum HIMNI Marinus Gea, Dilantik jadi DPR untuk Kedua Kalinya

Kariaman Zebua (Nawacitapost, Gunungsitoli)