Walikota Gunungsitoli Sampaikan Nota Keuangan Ranperda PAPBD 2019

1
215
Walikota Gunungsitoli, Ir. Lakhomizaro Zebua menyampaikan pengantar Nota Keuangan atas Ranperda tentang Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (PAPBD) Kota Gunungsitoli tahun anggaran 2019
Walikota Gunungsitoli Sampaikan Nota Keuangan Ranperda PAPBD 2019

Gunungsitoli, NAWACITA – Walikota Gunungsitoli, Ir. Lakhomizaro Zebua menyampaikan pengantar Nota Keuangan atas Ranperda tentang Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (PAPBD) Kota Gunungsitoli tahun anggaran 2019. Hal ini berlangsung di ruang rapat paripurna DPRD Gunungsitoli, Kamis 26/9/2019.

Baca Juga: Jihad Prof. Yasonna Laoly dalam RUU KUHP

Penyampaian nota keuangan ini sebagai tindak lanjut Permendagri No. 38 Tahun 2018 tentang Pedoman Penyusunan APBD Tahun Anggaran 2019 dan amanat Permendagri No. 13, tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah sebagai tahapan yang tak terpisahkan dalam proses pengambilan keputusan dan kebijakan pembangunan.

Dalam Pengantar Nota Keuangan tersebut, Walikota Gunungsitoli menyampaikan bahwa berdasarkan realisasi semester pertama, pelaksanaan program dan kegiatan tahun anggaran 2019, secara umum pencapaian kinerja pengelolaan keuangan dan pencapian indikator kinerja sudah terlaksana dengan baik. Walaupun demikian perlunya penajaman struktur penganggaran dan pola pelaksanaan program dan kegiatan.

Pada Rapat Sidang Dewan tersebut, dari pantuan tim Nawacitapost, terlihat beberapa kursi kosong di dalam ruangan rapat dewan. Padahal ini merupakan sebuah agenda penting, dan dewan harus mendengarkan Pengantar Nota Keuangan atas Ranperda Kota Gunungsitoli tentang PAPBD-Kota Gunungsitoli tahun anggaran 2019,

Ir. Lakhozaro menyampaikan, bahwa kebijakan P-APBD tahun anggaran 2019, pada dasarnya melalui analisa yang komprehensif dengan pertimbangan yang matang. Mengingat dampaknya terhadap sendi-sendi kehidupan masyarakat. Sementar mekanisme formal penyusunan program dan kegiatan, mengacu pada sasaran dan prioritas pembangunan kota Gunungsitoli.

Turut hadir dalam sidang rapat dewan tersebut, Pimpinan DPRD Kota Gunungsitoli, Sekda Kota Gunungsitoli, SKPD Se-lingkup Pemerintahan Kota Gunungsitoli dan Awak Media.

Alexius Telaumbanua (Nawacitapost, Gunungsitoli)

Comments are closed.