Jalan Penghubung Kota Gusit dan Alasa Amblas diterjang Banjir

0
33

Gunungsitoli, NAWACITA – Jalan penghubung antara Gunungsitoli dengan Kecamatan Alasa Kab. Nias Utara, amblas. Jalan tersebut berada di Dusun I Desa Sihareo’o Saiwahili.

Berdasarkan keterangan yang disampaikan oleh masyarakat sekitar, jalan yang amblas tersebut dipicu oleh hujan deras pada pagi hari tadi, (24/09/19).

Baca Juga: Antisipasi ISPA karena Asap, Pemkot Gusit bagikan Masker

Jalan ini memang telah memiliki parut beton. Namun parit beton tersebut tidak memiliki saluran pembuangan air, sehingga air tergenang dan akhirnya merusak badan jalan.

Saat dikonfirmasi oleh nawacitapost kepada Kepala Desa Saiwahili Bapak Yaman Zebua, beliau mengatakan bahwa jalan penghubung dan parit beton jalan tersebut di bangun oleh APBD Propinsi Tahun Anggaran 2017.

Yaman menuturkan bahwa, sejak selesainya pembangunan jalan dan parit beton yang tidak memiliki saluran pembuangan air itu, badan jalan secara bertahap amblas.

Saat ini ukuran badan jalan yang amblas sekitar 1 x 2 meter dengan kedalaman sudah mencapai 2 meter.

Masyarakat Desa Sihareo’o Saiwahili dan pengguna jalan menjadi resah dan hati – hati jika melaju pada titik jalan yang telah amblas tersebut.

Kepala Desa Desa Sihareo’o Saiwahili, telah menyampaikan kejadian kepada pihak Kecamatan Gunungsitoli Barat. Beliau berharap agar sesegera mungkin mengusulkan kepada Pemerintah Kota Gunungsitoli untuk melanjutkan pembangunan saluran parit betonnya.

Kepala Desa  dan warga sangat berharap, Pemerintah Kota Gunungsitoli dapat merespon usulan tersebut, untuk mencegah resiko terjadinya korban jiwa.

Alexius Telaumbanua (Nawacitapost, Gunungsitoli)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here