Kota Gunungsitoli dilanda Kabut dan Asap

3
235
Foto dari Bukit Desa Sisobahili Tab. Gunungsitoli
Masyarakat Kota Gunungsitoli, dalam beberapa hari terakhir sudah mulai merasakan dampak dari pembakaran hutan di Pulau Sumatera (Pekanbaru dan Jambi)

Gunungsitoli, NAWACITA – Masyarakat Kota Gunungsitoli khususnya di Kecamatan Gunungsitoli, dalam beberapa hari terakhir sudah mulai merasakan dampak dari Karhutla di Pulau Sumatera (Pekanbaru dan Jambi). Hal ini terlihat dari cuitan masyarakat di media sosial (23/9/2019).

Baca Juga: Diduga Karena Kabut dan Asap, Seorang Nelayan Nyasar saat Melaut

Dari pantuan tim Nawacitapost, kabut asap di perairan Gunungsitoli terlihat sudah mulai menebal. Jarak pandang sudah mulai terhalang. Beberapa netizen sudah mulai ramai memosting kejadian ini di akun medsosnya.

Dari wawancara singkat dengan Ketua DPD KNPI Kota Gusit Bung Kariaman Zebua, di Gedung Pemuda Jln. Gomo, mengatakan bahwa sampai hari ini belum ada pemberitahuan maupun himbauan dari para pemangku kepentingan atas dampak asap kiriman ini.

Informasi yang diterima masyarakat, masih sebatas di media sosial.

Ketua DPD KNPI Kota Gusit menghimbau masyarakat untuk tetap beraktifitas seperti biasanya. Beliau mengajak masyarakat agar berusaha mencegah dampak kiriman asap tersebut, terutama bagi balita dan anak-anak.

Beberapa pemuda yang terlihat sedang berdiskusi dengan pengurus KNPI juga berharap agar Pemerintah Pusat dan Daerah bergandengan tangan untuk melakukan tindakan penanggulangan bencana kebakaran hutan ini. Jika benar ada tindakan dan indikasi  pelanggaran hukum, segera diproses dan jangan pandang bulu.

Baca Juga: Kariaman Zebua, S.Pd., MM: Nawacitapost hadir sebagai Agent of Change

Diakhir wawancara Bung Kariaman Zebua menyampaikan terimakasih kepada TNI, POLRI dan Kelompok Masyarakat yang saat ini sedang bertugas untuk memadamkan kebakaran hutan dan melakukan kegiatan-kegiatan pencegahan serta penanggulangannya.

Kontributor: Alexius Telaumbanua (Nawacitapost, Gunungsitoli)

Comments are closed.