Wali Kota Bekasi: Bantuan Anggaran dari Jakarta Hampir Rp 1 Triliun, Jawa Barat Cuma Rp 66 Miliar

0
305

Bekasi,NAWACITA- Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi menyebut bantuan anggaran dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta lebih besar dibandingkan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat.Rahmat Effendi mengungkapkan, bantuan anggaran dari Pemprov DKI Jakarta hampir mencapai Rp 1 triliun, tepatnya Rp 986 miliar.Angka itu merupakan jumlah bantuan anggaran yang diberikan DKI Jakarta dari tahun 2016-2019.

“Beda kan? Jabar hanya Rp 66 miliar dalam rentang waktu yang sama.”Besar mana coba? Ini jujur enggak ada politisasi. Artinya konkretnya memang Kota Bekasi itu mendapat perhatian luar biasa dari DKI,” kata Rahmat Effendi, Sabtu (14/9/2019).

Padahal, kata Rahmat Effendi, Jawa Barat sebagai wilayah induk Kota Bekasi seharusnya dapat memberikan kontribusi lebih besar ketimbang DKI Jakarta yang hanya daerah mitra.

Atas bantuan DKI Jakarta tersebut, lanjut Rahmat Effendi, banyak hal yang dapat dilakukan Kota Bekasi. Mulai dari pembangunan jembatan, flyover, maupun pembangunan infrastruktur lainnya.

“Banyak hal yang kita bisa lakukan, seperti bangun PJU (penerangan jalan umum), bebasin lahan, lingkungan sekolah, flyover, dan lainnya,” ungkap dia.

Soal rencana gabung, Rahmat minta agar menanyakan ke warga Bekasi. Akan tetapi, jika dilihat dari nilai anggaran bantuan, tentu DKI memiliki kontribusi lebih besar dari Jawa Barat.

“Simple-nya mah anggaran itu visible (terlihat) enggak? Nah, itu cobain aja tanya warga dan tokoh (soal wacana gabung DKI),” ucap Rahmat Effendi.

Sebelumnya, Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi mengaku sempat ditawarkan menjadi bagian dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.”Kalau Bekasi mah sudah ditawarkan sama DKI,” ungkap Rahmat Effendi kepada awak media, seusai Rapat Paripurna Istimewa di DPRD Kota Bekasi, Jumat (16/8/2019).

“DKI Jakarta Tenggara, Bekasi, Kota Bekasi yang cocok,” imbuhnya.