Kanwil Aceh Beri Pembinaan Karakter pada Satuan Tugas Pengamanan

0
142

Aceh, NAWACITA – Bertempat di Dodik Bela Negara Rindam Iskandar Muda dilaksanakan Pembukaan Pembinaan Karakter dan Kesadaran Bela Negara Satuan Tugas Pengamanan UPT Pemasyarakatan se-Banda Aceh dan Aceh Besar.

Dihadapan 100 orang peserta, Wakil Komandan Rindam IM Kol. Inf. Suhartono menyampaikan bahwa pembentukan karakter adalah sesuatu hal yang sangat penting dalam mendorong pelaksanaan tugas dan fungsi sebagai petugas pengamanan serta membentuk kedisiplinan yang menumbuhkan jiwa korsa yang mengandung inisiatif, tanggung jawab loyalitas dan dedikasi sehingga merasa malu apabila tidak mampu melaksanakan peran dan tugasnya dengan baik.

Ditambahkan oleh Letkol. Inf. Ahmat Fauzi sebagai penanggung jawab Kurikulum Bela Negara Rindam Iskandar Muda merasa bangga dan senang menjadi bagian dari Kementerian Hukum dan HAM yang diberikan kepercayaan untuk melaksanakan kegiatan pembinaan karakter dan bela negara.

Metode pembinaan yang dilakukan adalah praktek lapangan oleh pembina/pelatih dalam hal ini materi PBB dalam menunjang kedisiplinan bagi petugas pemasyarakatan sehingga akan dapat mengendalikan dan menjalin kerja sama yang baik dengan warga binaan, serta pengetahuan wawasan kebangsaan dalam kesadaran bela negara, demikian lanjutnya.

Adapun tujuan dilakukan kegiatan pembinaan karakter dan bela negara ini seperti yang disampaikan Kepala Divisi Pemasyarakatan Drs.Meurah Budiman S.H., M.H., untuk membentuk Karakter dasar dari petugas pengamanan pemasyarakatan se-Banda Aceh dan Aceh besar dalam meningkatkan kinerja, disiplin maupun ketrampilan terutama dalam hal baris berbaris dan bela diri.

Meurah Budiman juga merencanakan kegiatan ini bukan yang pertama dan terakhir di laksanakan, tetapi terus dilakukan secara berkesinambungan, tidak hanya di UPT Pemasyarakatan se-Banda Aceh dan Aceh Besar tetapi juga di laksanakan di UPT Pemasyarakatan yang ada di daerah, sehingga harapannya setelah mengikuti kegiatan ini petugas dapat lebih disiplin, dapat menjalankan tugas pokok dan fungsinya, berintegritas, mengurangi atau meminimalisir segala bentuk penyimpangan, serta siap dalam menghadapi semua tantangan dalam bertugas, khususnya tugas-tugas pengamanan.

Turut Hadir dalam acara ini Kepala Divisi Administrasi Rudi Hartono, S.H., MSi., Pejabat Administrasi, Pejabat Pengawas dan  Kepala Unit Pelaksana Teknis seputar Banda Aceh dan Aceh Besar.