Sukseskan Sail Nias 2019, TNI AL Laksanakan Pengobatan Gratis di RSUD PRATAMA Nias Utara

0
213
Sukseskan Sail Nias 2019, TNI AL Laksanakan Pengobatan Gratis di RSUD PRATAMA Nias Utara
dr. Warisman Lahagu, M.Kes

Nias Utara, NAWACITA – Dalam rangka menyukseskan Sail Nias 2019, TNI AL turut ambil bagian dengan melakukan Bhakti Sosial Surya Baskara Jaya ke-68 dengan melakukan pengobatan gratis kepada seluruh masyarakat Nias Utara yang dipusatkan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) PRATAMA di Lotu (7/9/2019).

Pengobatan gratis ini akan berlangsung selama dua hari berturut-turut (7-9/9/2019). Selain itu, bakti sosial pengobatan ini juga dilakukan selama 24 jam jam kerja setiap harinya. Hal tersebut disampaikan Direktur RSUD Pratama dr. Warisman Lahagu, M.Kes kepada awak nawacitapost.

Warisman menjelaskan bahwa pengobatan gratis ini oleh TNI AL, sudah direncanakan jauh-jauh hari sebelumnya dan sudah melakukan koordinasi dengan pihak pemerintah daerah Kabupaten Nias Utara. Sementara untuk pelayanan yang dilakukan oleh TNI AL, ada dua kategori besar diantaranya: pelayanan umum atau pelayanan spesialistik termasuk rawat jalan dan kemudian pelayanan tindakan seperti bedah.

Pelayanan pengobatan gratis ini, disambut baik oleh masyarakat Nias Utara. Hal ini terbukti dengan membludaknya warga yang datang dari berbagai Kecamatan untuk berobat. Menurut Warisman, untuk pengobatan yang fasilitasnya masih belum tersedia di RSUD Pratama, maka langsung di rujuk ke RSUD Gunungsitoli. Sementara untuk masyarakat Nias Utara yang berdomisili di wilayah Tugala Oyo, pengobatan gratisnya dilaksanakan di RSUD Gunungsitoli dan ditangani langsung oleh TNI AL.

Untuk itu, diharapkan kepada seluruh masyarakat di Nias Utara, untuk langsung berkoordinasi dengan seluruh Puskesmas didaerahnya masing-masing serta menyebarluaskan informasi pengobatan gratis ini, jelas Warisman.