KMP Wira Ono Niha, Siap Menyukseskan Sail Nias 2019

0
488
KMP Wira Ono Niha, Siap Menyukseskan Sail Nias 2019
KMP Wira Ono Niha, Siap Menyukseskan Sail Nias 2019

Teluk Dalam, NAWACITA – Kehadiran kapal penumpang yang baru didatangkan dari China, diberi nama KMP Wira Ono Niha, dan kini sudah berlabuh di dermaga Sibolga. Kapal ini rencananya akan beroperasi di rute Sibolga-Teluk Dalam. Menurut Ricardo Hoswary (Kacab Wirajaya Logitama), Kapal ini akan memulai perjalanan pertamanya pada hari Rabu, 4/9/2019.

Kadishub Nisel, Drs. Faatulo Gulo mengatakan bahwa kehadiran kapal tersebut atas usulan dan  proposal Pemerintah Kabupaten Nias Selatan melalui Dinas Perhubungan Nisel pada Tahun 2016 yang ditujukan kepada PT. Wira Jaya Logitama untuk membuat kapal baru khusus penumpang, dengan rute Teluk Dalam-Sibolga (2/9/2019).

KMP Wira Ono Niha memiliki rute rutin, yakni setiap Hari Senin dan Jumat berangkat dari Sibolga menuju Telukdalam, dan setiap hari Selasa dan hari Sabtu kapal berangkat kembali dari Telukdalam menuju Sibolga. Sementara untuk perjalanan rute Sibolga-Gunungsitoli yakni pada hari Rabu dan pada hari Kamis Kapal kembali berangkat dari Gunungsitoli menuju Sibolga.

Menurut Ricardo, jadwal tersebut bisa berubah untuk sementara mengingat bahwa selama bulan September ini, akan diadakan acara Pariwisata Nasional, Sail Nias 2019.

Keberadaan KMP Wira Ono Niha diharapkan mampu menunjang perekonomian masyarakat Nias, terutama dalam kaitannya dalam membangun kemitraan bisnis dan dagang. Kapal laut merupakan salah satu transportasi vital bagi masyarakat Nias yang tinggal di kepulauan.