Surfing Nias Pro 2019 Didominasi oleh Peserta dari Mancanegara

0
80
Surfing Nias Pro 2019 Didominasi oleh Peserta dari Mancanegara
Surfing Nias Pro 2019 Didominasi oleh Peserta dari Mancanegara

Teluk Dalam, NAWACITA –  Surfing Nias Pro 2019 akan dilaksanakan pada 10-15 September 2019. Pesertanya didominasi oleh surfer dari Eropa, Amerika dan Asia Timur. Diantaranya dari Hawaii, Australia, Portugal, Jepang, Venezuela,USA, Perancis, Afrika Selatan,Argentina,Chile, Brazil, Spanyol, New Zealand, Peru, dan Indonesia. Khusus yang mewakili Indonesia, ada juga beberapa surfer lokal yang berasal dari Nias Selatan, kata Anggreani Dakhi (Kadis Kebudayaan, Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga), Kamis, 29/8/2019.

 

“Sejak pendaftaran dibuka pada 25 Juli 2019, jumlah peserta kontes surfing international Nias Pro 2019 yang mendaftar telah melampaui target yang telah ditetapkan panitia. Hingga Selasa, 27 Agustus 2019 yang merupakan batas akhir pendaftaran, jumlah peserta yang terdaftar mencapai 129 orang, Para peserta itu terdiri dari 104 orang untuk kelas Man Qualifying Series 3000 dan 25 orang untuk kelas Women Qualifying Series 1000 ” kata Anggreani.

Target kami sebelumnya, lanjut dia, sebanyak 75 peserta, namun faktanya jumlah yang mendaftar melampui target. “Ini menunjukkan bahwa event ini menarik perhatian dan juga penting bagi para peselancar profesional internasional. bertambahnya jumlah peserta mungkin karena untuk Man Qualifying pada event Tahun ini naik kelas yakni series 3000 dimana pada perhelatan Tahun sebelumnya hanya kelas series 1000,” pungkasnya.

Anggreani menambahkan, Nias Pro 2019 adalah sebuah kontes surfing bertaraf internasional yang diagendakan setiap tahun oleh Pemerintah Daerah Nias Selatan. “Kontes ini pertama kali dihelat pada Tahun 2018 di Pantai Sorake. Kontes yang sama pada tahun ini akan diadakan di pantai itu mulai Tanggal 10-15 September 2019,” tukasnya.

Menurut beliau, Event ini sangat penting untuk kemajuan pariwisata Kabupaten Nias Selatan. Selain dapat meningkatkan perputaran ekonomi masyarakat, juga memiliki media value yang tinggi sehingga semakin mengukuhkan Pantai Sorake sebagai destinasi wisata kelas dunia.

Untuk diketahui, Pantai Sorake juga telah lama dikenal di kalangan peselencar internasional sebagai salah satu spot surfing terbaik dan menantang untuk dinikmati dan ditaklukkan keindahan dan ketinggian ombaknya. Pada beberapa dekade lalu, pantai Sorake juga sudah beberapa kali menjadi tuan rumah pada ajang surfing internasional.

Kontes Nias Pro 2019 pada tahun ini digelar sebagai bagian dari rangkaian kegiatan nasional Sail Nias 2019 yang berlangsung pada 3-16 September 2019, dimana Kabupaten Nias Selatan menjadi tuan rumah pada acara puncak yang rencananya akan dihadiri oleh Presiden RI Jokowi.