Puskesmas Kranji Launching Gebyar Ketupat

11
385

Bekasi,NAWACITA- Puskesmas Kranji me-launching program Gebyar Kenaikan Timbangan di Posyandu Partisipasi Masyarakat (Ketupat) di Posyandu Suka Maju 4, Jalan Gang Banteng, RW 13, Kelurahan Kranji, Senin (26/8). Sebanyak 100 balita hadir mendaftar pada kegiatan tersebut.

Kegiatan ini dilaksankan untuk meningkatkan minat ibu yang memiliki balita rutin datang ke Posyandu untuk memeriksa kesehatan dan perkembangan anaknya. Mereka yang datang akan mendapatkan bingkisan atau hadiah.

Kepala Puskesmas Kranji, dr. Nita Purnomo menjelaskan, Posyandu merupakan kegiatan kesehatan dasar yang diselenggarakan dari Pemerintah Kota Bekasi melalui Puskesmas yang ada di setiap kelurahan.

Keberadaan Posyandu bertujuan untuk menurunkan angka kematian bayi, Ibu Hamil dan Nifas, membudayakan norma keluarga kecil yang bahagia sejahtera (NKKBS) serta meningkatkan peran serta masyarakat untuk mengembangkan kesehatan dan Keluarga Berencana termasuk kegiatan lain yang menunjang tercapainya masyarakat sehat dan sejahtera.

”Saya juga terus himbau warga agar datang sesering mungkin ke Posyandu, bagi ibu hamil pun kita anjurkan ke Puskesmas,” ucapnya.

Pihaknya juga menyiapkan ahli gizi, agar dapat mengukur perkembangan, berat badan dan tinggi badan anak.

”Saya harap dengan adanya kegiatan ketupat ini bisa membuat antusias dan partisipasi masyarakat datang ke Posyandu meningkat. Yang seharusnya warga datang ke Posyandu dari 100 orang harusnya 80 persen dan sekarang ini baru mencapai 75 persen yang datang ke Posyandu, ya kita terus upayakan agar 80 persen warga datang ke Posyandu tercapai,” katanya.

Dalam kegiatan Gebyar Ketupat ini pihaknya melibatkan kader PKK. Mereka bertugas sebagai agen perubahan.

Jika ada balita di lingkungannya mereka dapat menghimbau warga tersebut untuk datang ke Posyandu sebagai upaya pencegahan kekurangan gizi pada balita.

”Ya kekurangan gizi bukan hanya balita tersebut memiliki badan yang kurus yang tubuhnya gemuk pun bisa terkena kekurangan gizi. Dengan adanya PKK dan kader-kader bisa mengingatkan warga untuk datang Posyandu dilingkungannya agar gizi si balita dapat terkontrol dengan baik,” harapnya.

Dia menambahkan, Puskesmas Kranji telah menyiapkan hadiah bagi warga yang rutin datang ke Posyandu serta memiliki catatan yang bagus dan kesehatan balita yang terkontrol.

”Pokonya kita akan buat menarik mungkin agar warga datang ke Posyandu yang tersebar di Kelurahan Kranji. Untuk hari ini di Gebyar Ketupat di satu Posyandu kita melayani sampai 100 warga. Saya harap warga terus melakukan pengontrolan balitanya ke Posyandu,” pungkasnya.

 

 

Comments are closed.