Tumpukan Sampah Bersih, Kali Bahagia Bekasi Bakal di Normalisasi

0
184

Bekasi,NAWACITA Tumpukan sampah di Kali Bahagia, Kelurahan Bahagia, Kecamatan Babelan, Kabupaten Bekasi, telah bersih diangkut. Kini Pemerintah Kabupaten Bekasi bakal melakukan normalisasi Kali Bahagia tersebut.

Nur Chaidir, Kelapa Bidang (Kabid) Pengelolaan Sumber Daya Air pada Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Kabupaten Bekasi, mengatakan, normalisasi Kali Bahagia dilakukan sepanjang 1,8 kilometer, mulai dari Kelurahan Bahagia hingga ke Desa Setia Asih Kecamatan Tarumajaya.

“Kami sudah mulai kegiatan normalisasi usai sampah Kali Bahagia bersih. Titiknya dari ujung Kali di wilayah Kelurahan Bahagia ke Tarumahaya itu,” ujar Chaidir,Minggu (11/8/2019).

Chaidir mengatakan, anggaran untuk normalisasi sekitar Rp 500 juta. Normalisasi dilakukan agar fungsi sungai itu dan untuk mengurangi masalah banjir. “Normalisasi yang kami lakukan dengan angkat gulma maupun keruk sedimen atau lumpur. Jadi daya tampung air di sungai itu lebih banyak,” kata Chaidir.

Proses normalisasi Kali Bahagia ditargetkan rampung dua hingga tiga bulan.Pasalnya, pengerjaan dilakukan secara manual.”Normalisasi yang kami lakukan dengan angkat gulma maupun keruk sedimen atau lumpur. Jadi daya tampung air di sungai itu lebih banyak,” kata Chaidir.