HIMNI Kalbar Coffee Morning Dengan Jajaran Direktorat AHU dan Kanwil Kemenkumham Kalbar

3
231

Kalimantan Barat,NAWACITA- Dewan Pengurus Daerah Himpunan Masyarakat Nias Indonesia Provinsi Kalimantan Barat mengadakan acara coffe morning dengan jajaran Direktorat Administrasi Hukum Umum ( AHU), Kementerian Hukum dan HAM, Jumat (2/8/19) di Hotel Aston,Pontianak, Kalimantan Barat. Acara itu diadakan menyikapi banyaknya kasus pernikahan campuran antar negara, khususnya di wilayah Kalimantan Barat yang berbatasan dengan negeri jiran.

Menurut Ketua DPD HIMNI Kalbar, Veronika Aguslina Manao, pihaknya merasa sharing informasi dengan jajaran AHU sangat relevan, karena geografis Kalbar yang memungkinkan banyaknya  kawin campur antara WNI dan WNA. Hal ini juga untuk menyikapi kasus kawin kontrak yang sedang hangat diberitakan di media massa.

“Saya bisa katakan, bahwa kami telah bekerjasama dengan Kementerian Hukum dan Ham khususnya direktorat Administrasi Hukum Umum ( AHU ). Hal ini kami anggap relevan untuk menambah pemahaman kita sebagai warga negara khususnya wilayah Kalbar yang berbatasan langsung dengan negara tetangga. Kami yakin dengan  materi acara kali ini bisa membantu kita untuk memahami dan melaksanakan hak dan kewajiban kita sebagai warga negara Indonesia dengan baik,”kata Veronika.

Tak lupa, Veronika menyampaikan apresiasinya pada jajaran Direktorat AHU dan juga pejabat Kakanwil Kemenkumham Kalimantan Barat yang sudah mau sharing informasi. Sebelumnya Serikat Buruh Migran Indonesia (SBMI) perwakilan Kalimantan Barat mengungkap kasus perdagangan orang dengan modus perkawinan kontrak ke Tiongkok. Sebanyak 18 orang diduga menjadi korban dalam kasus bermodus baru dengan perantara ‘Mak Comblang’.

Ke-18 korban tersebut diiming-imingi hidup mapan dan nyaman setelah menikah dengan calon suaminya yang berada di Tiongkok. Namun sampai di sana, mereka dipekerjakan dari pagi hingga malam, tanpa digaji. Tak hanya itu, mereka juga mengalami kekerasan seksual dan mengalami kekerasan dalam rumah tangga. Bahkan salah satu di antaranya masih berusia 14 tahun.

Comments are closed.