Keerom,NAWACITA. Satgas Pamtas Yonif 126/KC menemukan 2 ons ganja kering dan 6 batang tanaman ganja di wilayah perbatasan RI-PNG saat melaksanakan patroli keamanan ke wilayah perbatasan RI-PNG di Kampung Banda, Distrik Waris, Kabupaten Keerom. Sabtu (27/07/2019).

Komandan Satgas Pamtas Yonif 126/KC Letkol Inf Mulyo Junaidi mengatakan kegiatan patroli keamanan di wilayah perbatasan merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan Satgas Pamtas Yonif 126/KC dalam rangka menjaga keamanan dan mencegah tingkat pelanggaran.

Patroli rutin  yang diipimpin oleh Serka Ruslan Simamora beserta 9 orang anggota, pada saat beristrirahat di gubug disela-sela melaksanakan patroli, anggota Tim patroli melihat 2 plastik ganja kering berat 2 ons, kemudian dilaksanakan penyisiran di seputaran gubuk ditemukan lagi 6 batang tanaman ganja dengan tinggi 20 cm s.d 60 cm.

Saat penemuan pohon ganja tidak ditemukan orang yang dicurigai sebagai penanam ganja dan tanaman ganja ini sengaja di tanam di sekitar gubug yang berada diatas bukit dengan jumlah sedikit di area yang luas untuk menghindari kecurigaan petugas keamanan.

Komandan Satgas Pamtas Yonif 126/KC Letkol Inf Mulyo Junaidi menyampaikan untuk mengantisipasi dan mencegah peredaran narkoba jenis ganja kami meningkatkan dan mengintensifkan pelaksanaan patroli keamanan ke wilayah perbatasan untuk mencari ladang ganja dan pembawa ganja dari wilayah PNG.

“Panjangnya perbatasan RI-PNG, keadaan medan yang berbukit dan masih hutan telah dimanfaatkan oknum masyarakat untuk menanam pohon ganja di sekitar perbatasan RI-PNG dan menyelundupkan ganja ke wilayah Papua,” tegas Dansatgas.

“Penemuan ganja ini bukan yang pertama kali lagi tapi sudah keempat kali diamankan dari wilayah perbartasan RI-PNG.”

 

 

Baca juga :  Nias Mencekam!  47 Orang Meninggal,  24 Orang Positif Covid-19

Comments are closed.