Nias Selatan “Curi” Perhatian Dunia, Siapa Diuntungkan?

1
320

Jakarta, NAWACITA- Gerak riuh perhelatan kegiatan pariwisata (Pesta Ya’ahowu hingga Sail Nias 2019) di Nias Selatan ‘mencuri’ perhatian dunia beberapa tahun terakhir ini. Menurut Faigiziduhu Ndruru, SE (Kominfo HIMNI), momen ini menjadi bentuk apresiasi atas program kegiatan Pemda Nias Selatan yang dinahkodai Dr. Hilarius Duha, saat ditemui dikantornya di Jakarta (27/07/2019).

Bangkitnya kegiatan promosi dan pembenahan destinasi wisata yang masif beberapa tahun terakhir oleh Pemda di Kepulauan Nias, khususnya Nias Selatan, dilihat Faigiziduhu sebagai komitmen akan keberpihakan kepada masyarakat Nias. Terlepas bahwa Nias Selatan akhirnya dikenal dalam konteks global, itu harus disyukuri. Tetapi yang paling penting adalah bahwa upaya ini memberi keuntungan kepada masyarakat setempat, baik secara ekonomi maupun sosial, ujar Kominfo HIMNI tersebut.

Menurut Faigiziduhu, prestasi ini mesti membangkitkan semangat seluruh elemen masyarakat untuk mendukung Pemda dalam melaksanakan program-program pembangunan di Nias Selatan. Salah satu bukti keberhasilan Pemda adalah saat Nisel mendapatkan opini WDP terhadap LKPD 2018, 17 Juli 2019 yang lalu.

Baca Juga: Opini WDP Nias Selatan, Dua Bupati Sebelumnya Gagal

Namun diakhir wawancara yang dilakukan oleh awak nawacitapost.com, beliau memberi kesan terhadap Pemda bahwa Kepemimpinan di Nias Selatan sudah berjalan di rel yang benar dan mengapresiasi hal itu. Disisi lain beliau juga menegaskan bahwa, Hilarius Duha sebagai Pimpinan di Nias Selatan sudah berupaya semaksimal mungkin dalam usaha pembangunan Nias Selatan.

Hal tersebut tampak melalui komunikasi yang dibangun oleh Hilarius terhadap organisasi-organisasi kemasyarakatan seperti HIMNI, FORNISEL, tokoh masyarakat Nias Prof. Yasonna Laoly, Ph.D dan pemerintah pusat. Menjadi kendala adalah bahwa ada kesan “lamban” aparat-aparat pemda dalam merespon peluang dan gerak cepat pemimpinnya.

 

Kedepannya, Kominfo HIMNI ini berharap bahwa hal baik yang sudah dimulai ini tetap berkesinambungan di masa yang akan datang demi pembangunan masyarakat Nias selatan yang sejahtera dan berkeadilan.

Comments are closed.