Belasan Wisatawan dan Pedagang Jadi Korban Erupsi Gunung Tangkuban Parahu

8
211

Bandung,NAWACITA- Belasan wisatawan dan pedagang yang berada di objek wisata (OW) Gunung Tangkuban Parahu, perbatasan Subang dan Bandung Barat, Jawa Barat dirawat di Klinik Sespim Polri Lembang akibat terkena abu vulkanik saat terjadinya erupsi gunung tersebut, Jumat (26/7/2019).

Kapolres Subang, AKBP Mohamad Joni mengatakan, belasan korban erupsi Gunung Tangkuban Parahu itu kini sudah diperbolehkan pulang ke rumah masing-masing setelah mendapat perawatan medis.

“Ada 15 wisatawan dan pedagang yang dibawa ke Klinik Sespim Polri Lembang karena terkena abu vulkanik,” katanya.

Dia mengatakan, untuk mencegah terjadinya kejadian tidak diinginkan Polres Subang dan Polres Cimahi masih bersiaga di area lokasi. “Kita juga patroli dan terus memantau perkembangan aktivitas Gunung Parahu,” ujarnya.

Sebelumnya PVMBG melaporkan bahwa Gunung Tangkuban Parahu yang terletak di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, mengalami erupsi pada Jumat (26/7), pukul 15:48:18 WIB. Kolom abu teramati dengan ketinggian kurang lebih 200 m di atas puncak.

Asap tebal warna kelabu tebal dan abu mengarah ke Timur – Utara – Selatan. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 38 mm dan durasi 5 menit 30 detik.

Masyarakat di sekitar gunung untuk tetap tenang dan tidak terpancing oleh isu-isu yang tidak benar, serta memonitor peringatan maupun informasi dari pemerintah daerah atau Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat.

 

 

Comments are closed.