Sriwijaya Air Membatalkan Penerbangan, Penumpang Protes

0
260

Manokwari, NAWACITA- Maskapai penerbangan Sriwijaya Air membatalkan penerbangan tiga pesawat yang dijadwalkan berangkat dari Bandara Rendani Manokwari, Papua Barat, Kamis (25/7/19), karena masalah operasional. Hal ini ini membuat puluhan penumpang kecewa dan protes.

Salah satunya, pesawat dengan nomor penerbangan SJ 571 menuju Bandara Dominig Eduard Osok Sorong, Papua, yang seharusnya berangkat pada pukul 06.55 WIT tadi. Namun, pesawat batal diberangkatkan.

Menurut para penumpang, mereka sudah masuk pesawat, Kamis pagi. Lalu, petugas tiba-tiba meminta para penumpang turun. Petugas beralasan, mesin pesawat mengalami kerusakan saat bersiap-siap untuk keluar dari apron bandara menuju jalur take off. Puluhan penumpang dengan tujuan Sorong, Ambon dan Manado itu selajutnya diarahkan menunggu di ruang keberangkatan. 

Sejumlah penumpang sempat mengajukan protes keras kepada pihak maskapai atas pembatalan penerbangan tersebut. Mereka beralasan harus menghadiri sejumlah agenda hari ini. Namun, akibat pembatalan itu, mereka tidak bisa ikut.

“Ini delay pertama yang kami alami di Bandara Manokwari. Informasi yang kami peroleh, mesin pesawat rusak. Ini sangat menyita waktu dan uang karena perkara ini kaitannya dengan uang. Kamis pagi ini, kami ada agenda sidang di Sorong,” kata penumpang, Rifai.

Akibat pembatakan penerbangan, para penumpang harus menunggu lama di Bandara Manokwari. Para penumpang tampak kesal karena mereka diminta menunggu pesawa pengganti tiba hingga siang nanti. Mereka juga belum mendapatkan kompensasi dari Sriwijaya Air.

“Kami berharap pihak maskapai lebih memperhatikan hal ini karena informasinya pesawat diganti dan baru berangkat nanti siang. Kompensansi yang diberikan harus sesuai dengan aturan yang berlaku,” ujarnya.

Rifai juga mengatakan, maskapai Sriwijaya Air menyiapkan penerbangan lain yang akan diberangkatkan pada pukul 13.00 WIT dengan tujuan Sorong, Ambon, dan Manado.

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari pihak bandara, selain penerbangan bernomor penerbangan SJ 571, dua pesawat Sriwijaya Air lainnya yang rencananya berangkat Kamis siang ini juga dibatalkan dengan alasan operasional. Pesawat itu tujuan Manokwari, Biak, Jayapura, serta tujuan Manokwari, Makassar, dan Jakarta.