Yogyakarta,NAWACITA- Dewan Pengurus Daerah Himpunan Masyarakat Nias Indonesia (HIMNI) Daerah Istimewa Yogyakarta menyelenggarakan acara Seminar Nasional dan Pentas Budaya Nusantara Istimewa, Jumat (19/7). Seminar dan pentas budaya itu diselengarakan dalam rangka rapat kerja daerah DPD HIMNI DIY. Temanya : “Peran ormas dalam melestarikan budaya dan menjaga NKRI di era milenial”. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Utama Wisma Imanuel, Samirono Baru 54, Yogyakarta.

Menurut Aman Sofrin Zebua, ketua panitia, HIMNI DIY adalah salah satu ormas yang telah teregistrasi di Pemprov Daerah Istimewa Yogyakarta. Seminar dan pentas budaya itu,kata Aman, dilaksanakan sebagai bentuk partisipasi HIMNI DIY sebagai ormas dalam melestarikan budaya nusantara dan semangat persatuan untuk menjaga keutuhan NKRI.

Kegiatan ini dibuka oleh Ketua Umum HIMNI,Marinus Gea, SE, M.Ak, ditemani Ketua DPD HIMNI DIY, Dr.Zuniasa Nazara, dan Ketua Panitia.  Marinus menyampaikan apresiasinya kepada panitia dan pengurus DPD yang menggagas kegiatan tersebut. Ia juga berpesan agar acara itu tidak hanya sekedar acara seremonial.

“Tapi saya berharap ada dampak bagi seluruh peserta dalam meningkatkan kesadaran akan kecintaan budaya nusantara dan kecintaan pada NKRI,”kata Marinus Gea.

Beberapa narasumber hadir, diantaranya Ketua Umum HIMNI, Kepala Bidang SDM, IPTEK, Budaya Maritim Kemenko Kemaritiman (Ardiasyah) ; Dinas Kebudayaan D.I Yogyakarta (Dwi Wardhani Naraswari). Seminar dimoderatori Sekretaris DPD HIMNI DIY (Hamedoni Harita, ST). Tak lupa, pentas budaya diikuti oleh beberapa forum daerah, diantaranya : Sanggar HIMNI DIY, P-SKAN Yogyakarta, Manggarai, Jawa dan Ambonese.

Baca juga :  Menko PMK Dorong Ragam Inovasi UNS Diproduksi Massal

Comments are closed.