Hutan Gunung Panderman Terbakar

51
15

Jakarta, NAWACITA- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu, Jawa Timur menyatakan upaya memadamkan api yang berkobar di hutan lereng Gunung Panderman akan dilakukan Senin (22/7).

Sebelumnya, hutan di lereng gunung setinggi 2.45 meter di atas permukaan laut (mdpl) itu terbakar pada Minggu (21/7) malam, sekitar pukul 19.45 WIB. Akibat kebakaran tersebut, para pendaki pun segera dievakuasi.

Selain evakuasi, Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Batu Achmad Choirur Rochim mengatakan Upaya penanggulangan oleh petugas semalam adalah memantau dan mengantisipasi api agar tak sampai ke permukiman.

Selanjutnya pagi ini, sambung Achmad Choirur, dilakukan upaya pemadaman mulai pukul 06.30 WIB, dengan target utama hutan produksi. Langkah tersebut untuk menghindari hasil getah pinus yang mudah terbakar.

“Titik kumpul [petugas] di Pos Pendakian Gunung Panderman,” kata Achmad Choirur, Minggu (21/7) seperti dikutip Antara.

Untuk penanggulangan kebakaran di lereng gunung tersebut BPBD Kota Batu bekerja sama dengan TNI, Polri, Perhutani, Palang Merah Indonesia, Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH), dan relawan lainnya.

Sementara itu, sebab kebakaran tersebut akses dan perizinan pendakian Gunung Panderman dan Gunung Buthak ditutup sampai waktu yang belum ditentukan hingga dinyatakan aman untuk pendakian.

Berdasarkan laporan terakhir pada pukul 22.00 WIB, sudah tidak ada pendaki yang berada di Gunung Panderman. Semua pendaki, sudah berada di Pos Pantau Gunung Panderman dan dalam kondisi aman.

Dua pendaki terakhir yang turun ke Pos Pantau Gunung Panderman adalah Muchammad Adnan Fanani dan Firgiawan Listanto yang berasal Kabupaten Mojokerto.