Soal Polsek Baru, Tri Rismaharini Mendadak Temui Kapolda Jawa Timur

4
125

Surabaya, NAWACITA- Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mendadak mendatangi Mapolda Jatim, Senin (15/7). Dia datang didampingi Kabag Humas M Fikser serta beberapa anggota protokoler untuk menemui Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Luki Hermawan.

Sempat berembus dugaan kedatangan Risma berkaitan dengan kasus jalan ambles yang menyeret nama anak sulungnya Fuad Benardi. Namun Risma mengaku, jika kedatangannya semata hanya untuk membicarakan penggunaan aset Pemkot Surabaya.

“(Pertemuan dengan kapolda) soal rencana polsek baru di Lakarsantri, Gunung Anyar sama Bulak,” ujar Risma sesuai pertemuan, dikutip dari iNews Senin,  (15/7).

Dia mengungkapkan, pembangunan tiga polsek di akan berdiri di atas tanah milik Pemkot Surabaya sekaligus untuk mengamankan aset. Dia ingin, aset milik pemerintah berupa tanah bisa difungsikan dengan baik demi peningkatan keamanan di wilayah tersebut.

Hal ini juga telah dibicarakan dengan Kapolrestabes Surabaya sebelumnya Kombes Pol Rudi Setiawan. Namun karena Kapolrestabes tidak lagi menjabat di Surabaya, maka Risma memutuskan melanjutkan koordinasi dengan Polda Jatim.

“Sebenarnya agar penataan asetnya jelas. Selama ini kan (Polsek Lakarsantri) sudah dijadikan kantor polsek. Kemarin sudah disiapkan tapi Pak Rudi-nya pindah (jadi Wakapolda Lampung). Jadi ini ganti lagi karena memang penyerahannya di Polda,” katanya.

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Frans Barung Mangera mengatakan usulan Risma ini mengacu pada pertimbangan keamanan di wilayah tersebut.

“Kita harus menyadari, polisi pun demikian. Apalagi Ibu Risma itu kepala daerah, sangat tahu sekali kebutuhan keamanan dalam menunjang pembangunan dan kesejahteraan masyarakat. Nah kalau dirasakan polsek untuk menjangkau daerah itu tidak ada atau sudah sangat jauh sekali. Ya kami terima usulan itu,” kata Barung.

Kendati demikian, Barung menyebut masih berkoordinasi dengan Mabes Polri untuk usulan Polsek baru ini. Alasannya, kepolisian merupakan instansi vertikal. “Terima kasih Ibu Risma dan harapan kami tentu bisa lebih baik lagi,” tuturnya.

Comments are closed.