HIMNI Kalimantan Barat berkomitmen menghadiri Munas HIMNI ke V di Jakarta

0
635

Kalimantan Barat,NAWACITA-Kehadiran HIMNI di bumi Kalimantan Barat  sejak terbentuk tahun 2017 telah mewarnai keberadaan berbagai suku bangsa dari nusantara. Dengan kehadiran Himpunan Masyarakat  Nias Indonesia (HIMNI) di 9 kabupaten kota di Provinsi Kalimantan Barat membuktikan eksistensi suku Nias yang menjadi bagian masyarakat Kalimantan Barat. Munas HIMNI ke V ini merupakan kali pertama keikutsertaan utusan dari DPD Kalimantan Barat.

Menurut Ketua DPD HIMNI Provinsi Kalimantan Barat, Veronika Aguslina Manao, kemajuan HIMNI dibawah Ketua Umum Marinus Gea telah menjadikan organisasi ini bisa berperan aktif dalam berbagai nadi kehidupan suku bangsa Nias di berbagai belahan negeri.  Program HIMNI yang dicanangkan juga sudah bisa dibuktikan dengan kebangkitan pariwisata Nias dan terkonsolidasinya semangat perjuangan Provinsi Kepulauan Nias, meskipun saat ini karena kendala moratorium belum bisa diwujudkan jadi satu provinsi.

“Namun semangat bersatu dan saling mendukung antara ononiha melalui wadah HIMNI sudah dirasakan dimana mana,”kata Veronika.

Kehadiran HIMNI di Kalimantan Barat juga telah diakui oleh suku bangsa lain melaui berbagai event budaya dan sosial kemasyarakatan. Hal-hal yang dirasakan masyarakat Kalimantan Barat asal suku Nias antara lain kehadiran pada saat terjadi kendala komunikasi baik di tempat pekerjaan maupun karena masalah suka maupun duka.

“Perihal agenda munas terkait penetapan program HIMNI pada periode yang akan datang tentu kami siap berpartisipasi dan memilih Ketua Umum sebagai agenda munas. Kami juga telah mengantongi bakal calon yang akan didukung sesuai informasi yang beredar saat ini baik di medsos, diskusi antar pengurus maupun pengamatan kami selama ini,”pungkas Veronika.