Babinsa Sertu Forius Zega Terima Penghargaan

0
346

Nias, NAWACITA – Bintara Pembina Desa Sertu Forius Zega asal Koramil 10/Lolowau, Kodim 0213/Nias terima penghargaan dari Panglima Kodam I/BB Mayjend TNI MS Fadhilah. Penghargaan diserahkan oleh Gubernur Sumatera Utara Letjend TNI [Purn] Edy Rahmayadi di lapangan Makidam I/BB, Medan, Sumatera Utara, Kamis 20 Juni 2019.

Briptu Forius Zega yang ditemui, Senin 24 Juni 2019 lalu memberitahu, dirinya mendapat penghargaan atas prestasinya dalam membuat rakit penyeberangan dalam membantu penduduk di sungai oyo, Desa Togizita, Kecamatan Hilimegai, Kabupaten Nias Selatan, Sumatera Utara.

“Beberapa bulan lalu saya ada buat rakit penyeberangan di sungai oyo untuk membantu masyarakat dampingan saya di sana, karena sungai tersebut tidak ada jembatan dan banyak memakan korban,” terangnya.

Menurut Forius, dia sangat bersyukur dan bangga mendapat penghargaan dari Panglima Kodam I/BB dan berjanji akan terus membantu masyarakat terutama dalam meningkatkan ekonomi.

“Selain memberikan penghargaan kepada saya, Pangdam I/BB akan membangun tiga jembatan gantung di Kabupaten Nias Selatan, dan salah satunya adalah di sungai Oyo, Desa Togizita, Kecamatan Hilimegai,” jelasnya.

Forius memberitahu, bantuan jembatan gantung diserahkan secara simbolis oleh Pangdam I/BB kepada Camat Hilimegai Darilius Laia,S.pd mewakili masyarakat Nias Selatan penerima bantuan.

Dari Forius diketahui, dia terobsebsi membuat rakit penyeberangan di sungai oyo karena prihatin melihat warga dusun VII Bulukosatua, Desa Togizita wajib menyeberangi sungai oyo jika ke sekolah atau ke kecamatan.

Akibatnya, banyak warga yang jadi korban atau hanyut karena nekat untuk menyeberangi sungai di saat sungai oyo banjir. “Sungai oyo satu satunya akses terdekat yang harus dilalui masyarakat untuk menuju dusun VII Bulukosatua, Desa Togizita, Kecamata Hilimegai, Kabupaten Nias Selatan,” terangnya.

Sehingga dengan dibangunnya jembatan gantung di sungai oyo ke depan, akan mengurangi risiko bagi warga apabila menyeberangi sungai oyo. Dia berharap Pemerintah Kabupaten Nias Selatan ke depan membangun jembatan permanen di sungai oyo, dan meningkatkan akses jalan sehingga kendaraan roda empat bisa melintas.

Selain jembatan permanen dan akses jalan, di daerah tersebut juga perlu dibangun jaringan listrik negara,sebab hingga saat ini masyarakat di dusun tersebut dan dusun dusun serta desa lainnya belum ada akses listrik atau penerangan dari pln.