Rapat Kerja Pelaporan Capaian Pelaksanaan Aksi HAM Kemenkumham Banten

0
138

Serang,NAWACITA –  Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Banten, Imam Suyudi memberikan sambutan sekaligus membuka secara resmi Rapat Kerja Pelaporan Capaian Pelaksanaan Aksi HAM, di Aula Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Banten, Senin (24/06/2019).

Dalam sambutannya, Imam menyampaikan bahwa kegiatan pelaporan capaian aksi HAM tahun 2018/2019 dibagi menjadi 2 yaitu aksi HAM Provinsi dan aksi HAM Kabupaten/Kota, dimana fokus aksi HAM Daerah tahun 2018/2019 adalah hak perempuan, anak, penyandang disabilitas dan masyarakat adat.

Imam juga berharap melalui kegiatan rapat kerja ini mampu memberikan penjelasan kapada Kabupaten/Kota mengenai mekanisme pelaksanaan aksi HAM daerah 2018/2019 sekaligus memberikan pemetaan mengenai kendala dan kondisi di lapangan terkait pelaksanaan aksi HAM daerah di provinsi Banten sehingga ke depannya perumusan aksi HAM daerah dapat menyasar langsung pada akar permasalahan.

“Sedangkan dalam mendorong implementasi RANHAM, telah disusun aksi HAM Provinsi dan Kabupaten/Kota yang harus dilaporkan oleh Pemda kepada Kantor Sekretariat Presiden (KSP) melalui aplikasi yang akunnya dipegang BAPPEDA masing-masing,”.

“Kemudian dalam mengapresiasi daerah Kabupaten/Kota yang sungguh-sungguh melakukan pemenuhan hak masyarakat dengan melaporkan atau mengisi form dari Kementerian Hukum dan HAM dan bila memenuhi kriteria yang ditentukan maka akan diberikan penghargaan Kabupaten/Kota peduli HAM, yang menandakan wujud dari perhatian Pemerintah Kabupaten/Kota dalam pemenuhan hak rakyatnya,”kata  Imam.

Peserta pada kegiatan Rapat Kerja Pelaporan Capaian Pelaksanaan Aksi HAM ini sebanyak 30 orang yang terdiri atas Biro Hukum Sekretariat Daerah Provinisi Banten, Bappeda Provinsi Banten, Bappeda 8 Kabupaten/Kota, Bagian Hukum Setda 8 Kabupaten/Kota, Dinas Pendidikan Provinsi Banten, Dinas Pendidikan 8 Kabupaten/Kota, Dinas Kesehatan Provinsi Banten dan Kementerian Agama Provinsi Banten.

Sedangkan narasumber berasal dari Direktorat Kerjasama Direktorat Jenderal Hak Asasi Manusia Kementerian Hukum dan HAM RI dan BAPPEDA Provinsi Banten. Nampak hadir dalam pembukaan ini seluruh pejabat struktural Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Banten.