Sail Nias 2019 Siap Bangkitkan Wisata Bahari Sumut

0
101

Nias,NAWACITA-Sudah lama tidak terdengar kabar event pariwisata dari Nias. Selain terkenal dengan event selancar dan atraksi budaya hombo batu, dalam waktu dekat ini Nias akan menggemparkan pariwisata Sumatera Utara (Sumut) dengan event wisata bahari berskala internasioanal, yaitu Sail Nias 2019.

Kepala Dinas Pariwisata Nias Anggreani Dachi membenarkan event Nias Sail yang dipastikan digelar September 2019.”Acara puncak Sail Nias di Kabupaten Nias Selatan pada 14 September 2019,” kata Anggreni.

Ia belum bisa merinci sejauhmana persiapan event ini. Namun, seperti dikabarkan sebelumnya event Nias Sail sudah diluncurkan pada 15 Maret 2019. Pada kesempatan sebelumnya, Kepala Dinas Pariwisata Sumut Hidayati juga sangat berharap event Nias Sail dapat menjadi event berskala internasional yang dapat menaikkan kembali pamor pariwisata Nias yang sempat mereda.

“Saya sangat berharap peran dari para stakeholder pariwisata yang ada di Sumut untuk ikut serta menyukseskan event ini, termasuk ASITA, ASSPI, HPI maupun GIPI juga para asosiasi lainnya,” ujarnya pada saat pelantikan pengurus Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (DPD GIPI) belum lama ini.

Sail Nias akan dimulai pada Juli hingga September 2019 di lima kabupaten kota dengan 17 rangkaian kegiatan. Adapun berbagai agenda kegiatan yang bakal digelar pada event yang mengusung tema “Nias Menuju Gerbang Destinasi Wisata Dunia” ini antara lain, atraksi budaya lompat batu, lomba selancar (surfing) tingkat dunia dan berbagai atraksi budaya lokal.