Debit Air di Bendungan Benanga Samarinda Level Siaga

1
221

Samarinda, NAWACITA – Debit air di Bendungan Benanga Kelurahan Lepake Kecamatan Samarinda Utara saat ini masih dilevel siaga karena masih di warna kuning.

Petugas  Bendungan Benanga Sugiyoto menjelaskan, untuk saat ini ketinggian air di bendungan masih aman, karena jika sudah mencapai level merah maka dinyatakan waspada.

Menurut Sugiyoto, meskipun debit air di Bendungan masih level siaga, namun warga tetap harus waspada karena intensitas hujan di Kalimantan Timur khususnya Samarinda masih tinggi, apalagi hari ini cuaca di kotaTepian kembali mendung.

Sugiyoto menegaskan, adanya berita yang mengatakan bendungan Bendungan Benanga jebol itu tidak benar atau hoaks.

“Yang garis kuning itu untuk mengukur ketinggian air artinya saat ini dikuning itukan diatas mercu  air yang melimpah saat ini aman di angka 73, kemerah itu sudah mencapai 100 senti artinya  1 meter diatas mercu artinya diatas air yang melimpah itu sudah harus waspada,” kata Sugiyoto kepada wartawan di Samarinda, Selasa (11/6/2019).

Hujan deras yang mengguyur Kota Samarinda dalam beberapa hari terakhir ini  menyebabkan bertambah tingginya debit air di Bendungan Benanga Lempake, yang sebelumnya hanuy di level 70,5 digaris kuning (tanda siaga), namun saat ini ketinggian air sudah mencapai 73 cm.

Comments are closed.