Surabaya – Rek-Arek Suroboyo, mudik kali ini sekalian jalan-jalan yuk. Sejumlah tempat wisata dan sejarah ini bisa jadi rekomendasinya.Surabaya si Kota Pahlawan, menyimpan berbagai destinasi menarik untuk dikunjungi.

Nah, kalau mau bersilaturahmi dengan kerabat jangan lupa sekalian keliling sambil berkunjung ke berbagai destinasi liburan. Sudah tahu ke mana saja tempatnya?

Berikut Tempatnya:

1. Hutan Bambu Keputih

Bukan cuma di Jepang yang punya hutan bambu instagenic. Ternyata, Surabaya juga ada lho!
Lokasi ini awalnya merupakan tempat pembuangan sampah yang sudah tutup. Kemudian dimanfaatkan untuk lahan hijau dan ditanami aneka jenis bambu. Serunya lagi, di sini ada taman Bunga Sakura yang sangat cantik. Jangan lupa bawa kamera untuk foto-foto ya!

2. Monumen Kapal Selam

Salah satu jejak sejarah di Kota Pahlawan, bisa dilihat dari monumen yang satu ini. Inilah Monumen Kapal Selam. Lokasinya di Jl Pemuda no 39, Embong Kaliasin, Genteng.

Monumen ini merupakan KRI Pasopati 410. Dulunya, Kapal ini sempat ikut berpartisipasi di operasi Trikora. Kemudian dipensiunkan dan dijadikan monumen hingga kini.

3. Monumen Bambu Runcing

Jejak sejarah lainnya di Surabaya adalah Monumen Bambu Runcing. Letaknya berada di Jalan Panglima Sudirman, Embong Kaliasin, Genteng.

Monumen inilah salah satu bukti kalau Surabaya adalah Kota Pahlawan, mengingat pertempuran sengit pada 10 November 1945. Ada 5 pilar berbentuk bambu runcing, dengan tinggi berbeda pada masing-masing pilar. Pada waktu tertentu, air mengalir dari pilar tersebut layaknya air mancur.

4. Monumen Gubernur Suryo

Selain Bambu Runcing, ada juga monumen bersejarah yang ada di Surabaya. Yakni Monumen Gubernur Suryo.

Monumen Gubernur Suryo berlokasi di Kompleks Taman Apsari, persis di depan Gedung Negara Grahadi di Jalan Gubernur Suryo. Monumennya berbentuk patung figur sang mantan Gubernur dalam posisi berdiri. Kini, monumen tersebut juga jadi tempat nongkrong warga sekitar.

Baca juga :  Safari Ramadhan, Kakanwil Kemenkumham DKI Jakarta Kunjungi Rutan Cipinang

5. Taman Bungkul

Traveler yang ingin bersantai di tengah suasana kota Surabaya, bisa menuju ke Taman Bungkul. Letaknya berada di Jalan Raya Darmo.

Taman seluas 900 meter persegi ini menyajikan suasana asri dengan berbagai sudut hijau yang menarik, bahkan dinobatkan sebagai taman terbaik di Asia oleh PBB. Traveler bisa duduk santai, atau bahkan bermain skateboard, sepeda BMX, taman bermain sampai jogging track.

6. Kebun Bibit Wonorejo

Sudut hijau lainnya yang bisa dikunjungi di Surabaya adalah Kebun Bibit Wonoreo. Letaknya berada di Jalan Kendalsari, Wonorejo.

Traveler bisa jalan-jalan atau duduk-duduk di sekitar taman. Selain itu, ada juga danau cantik dengan aneka tanaman menarik yang bisa dinikmati di sini. Cocok untuk didatangi bersama keluarga.

7. Jembatan Suramadu

Inilah jembatan ikonik yang membentang sepanjang 5.438 dari Surabaya menuju Madura. Di sepanjang perjalanan, traveler bisa menikmati pemandangan yang seru.

Melintasi jembatan ini bagaikan berada di luar negeri. Megahnya desain jembatan berlatar langit biru yang indah memang membuat traveler dari luar Surabaya kepincut. Untuk bisa melintasi Suramadu, Anda harus terlebih dahulu membayar Rp 30.000 untuk mobil dan Rp 3.000 untuk sepeda motor.

8. House of Sampoerna

House of Sampoerna adalah museum tentang sejarah rokok di Indonesia. Dari luar, museum ini tampak seperti bangunan Romawi dengan hiasan 4 pilar berbentuk rokok.

Terletak di Jalan Taman Sampoerna nomor 6, bangunan ini sudah berdiri sejak tahun 1862. Ada banyak hal yang bisa traveler lihat di sini, mulai dari kisah perjalanan keluarga Sampoerna hingga proses produksi rokok secara tradisional. Sampai sekarang museum ini masih merupakan pabrik salah satu merk rokok keluaran Sampoerna, yaitu Dji Sam Soe.

Baca juga :  Baznas Kab Siak Raih Opini Wajar Enam Kali Berturut-Turut Terhadap Laporan Keuangan tahun 2020.

9. Wisata Hutan Mangrove

Siapa sangka, ternyata Surabaya juga punya hutan mangrove yang sejuk lho. Letaknya berada di Wonoreo, Rungkut, Surabaya.

ambil menikmati pemandangan yang alami, traveler juga bisa menghirup udara segar sambil berjalan-jalan di tengah hutan. Kawasan ini sudah difasilitasi dengan jembatan kayu yang bisa digunakan untuk trekking keliling hutan bakau. Fasilitas untuk ekowisata juga sudah tersedia, yaitu berupa perahu berkapasitas 10 dan 40 orang. Untuk ikut tur, traveler akan dipungut biaya Rp 25.000 untuk dewasa dan Rp 15.000 untuk anak-anak.

10. Surabaya North Quay

Menikmati sudut pesisir sambil menikmati matahari terbenam? Cobalah ke Surabaya North Quay.

Letaknya berada di Pelabuhan Tanjung Perak. Lokasinya yang tidak jauh dari jantung Kota Surabaya ini dapat ditempuh selama 25 menit saja. Dengan membayar Rp 5000, traveler sudah bisa menikmati indahnya sunset ini. SNQ di buka pada hari Selasa-Minggu pukul 11.00 – 20.00 WIB.

Comments are closed.