Ribuan Ummat Islam di Ternate Sholat Idul Fitri Mesjid Agung Al-Munawwar

0
127

Ternate, NAWACITA – Pemerintah Kota Ternate melaksanakan Sholat Idul Fitri 1 Syawal 1440 Hijriah Rabu (5/6/2019) dipusatkan di Masjid Agung Al-Munawwar Ternate.

Ribuan Ummat Islam bersama Walikota Ternate H. Burhan Abdurahman juga Forkompinda serta Sekda Kota Ternate M. Tauhid Soleman dan sejumlah Kepala SKPD di lingkungan Pemda Kota Ternate hadir dalam pelaksanaan Sholat Idul Fitri.

Bertindak sebagai Khotib pada Sholat Idul Fitri Ketua MUI Kota Ternate H. Usman Muhammad dam Imam H. Muhammad Amri.

Pelaksanaan Sholat Idul Fitri selain dilaksanakan terpusat di Masjid Agung Al-Munawwar juga dilaksanakan pada sejumlah mesjid yang ada di Kota Ternate.

Khotib Ketua MUI Kota Ternate H. Usman Muhammad dalam khotbah Idul Fitri mengatakan, selama satu bulan ummat Islam telah melaksanakan puasa Ramadhan, berbagai sunnah telah dilaksanakan dengan menyerahkan diri kepada Allah SWT. karena itu hendaknya semua yang telah dilaksanakan dapat menjadikan kita sebagai pribadi yang suci dan orang yang taqwa dan panen pahala serta ampunan.

Kemenangan yang telah diraih selama sebulan kata H. Usman Muhammad, hendaknya dapat dipertahankan dengan sungguh-sungguh dan jangan terlena dan mudah tergiur bujukan dan rayuan setan setelah Ramadhan yang hanya dapat merusak persatuan serta tali persaudaraan dalam kehidupan sehari-hari.

Di akhir khotbahnya H. Usman Muhammad berharap setelah melaksanakan puasa Ramadhan dan kembali ke fitri dapat menjadikan semua amal yang dilakukan harus dengan niat dan dapat memaafkan dengan sesama atas semua kesalahan. Sebab Ramadhan merupakan sarana yang disiapkan Allah mengampuni dosa dan kesalahan yang telah kita lakukan dengan mengimplementasikan hasil ibadah puasa dalam kehidupan sehari-hari.

Sebelum pelaksanaan Sholat Idul Fitri di Masjid Agung Al-Munawwar diawali dengan Laporan Ketua BTM Al-Munawwar Bachtiar Teng yang menyampaikan hasil pengumpulan zakat di Masjid Agung Al-Munawwar Ternate.

Sebelumnya pada malam menjelang Idul Fitri Pemda bersama PHBI Kota Ternate melaksanakan Pawai Takbiran Keliling Kota Ternate yang diikuti Para Pelajar SMP dan SMA juga Pramuka serta Organisasi Islam, Majelis Ta’alim dan SKPD di Lingkungan Pemda Kota Ternate.