Selidiki Kebakaran Pasar Kosambi Bandung, Polrestabes Gandeng Puslabfor Polri.

1
151

Bandung, NAWACITA – Polrestabes bersama Puslabfor Polri Bandung menyelidiki penyebab kebakaran pasar kosambi Bandung. Polrestabes meminta bantuan ahli dari Laboratorium Forensik (Puslabfor) Polri untuk menyelidiki penyebab kebakaran yang terjadi Pasar Kosambi, Jalan A Yani, Kota Bandung pada Sabtu 18 Mei 2019 malam.

“Kita akan cari saksi dan barang bukti. Nanti hasilnya akan diuji di labfor. Uji labfor yang akan menentukan hasil,” kata Kasatresrkim Polrestabes Bandung AKBP M Rifai di Makosatreskrim Polrestabes Bandung, Jalan Jawa, Kota Bandung, Selasa (21/5/2019).

Berdasarkan Konfirmasi tim Nawacita dari lokasi, Rifai mengemukakan, selain menggandeng Puslabfor Polri, pihaknya juga memeriksa sejumlah saksi dari para pedagang hingga PD Pasar Bermartabat terkait insiden yang meluluhlantakkan seluruh isi basement pasar tersebut.

Kabid Pemadaman Diskar PB Kota Bandung Asep Kurnia mengatakan, secara keseluruhan api di Pasar Kosambi berhasil dipadamkan. Namun, masih ada satu titik bara api yang muncul di bagian basement. “Secara keseluruhan padam. Cuma ada bara kecil muncul sedang dipadamkan. Itu di satu titik, api kecil bekas tumpukan barang,” kata Kurnia.

Sementara, mengenai penyebab kebakaran kios terdekat pasar, masih dianalisa oleh pihak kepolisian. Sejumlah kios yang terbakar, Kurnia mengatakan jumlah itu tengah didata PD Pasar.

“Dagangan saya ada bumbu, rempah-rempah. Terus empat buah mesin. Akibat kebakaran ini saya rugi ratusan juta. Saya memiliki lima kios di Pasar Kosambi ini. Yang habis di dalam ada empat. Kerugian bisa Rp 300 juta lah,” Tutur Buyung (50), salah seorang pedagang.

Jajang (60) pedagang lainnya, mengaku rugi puluhan juta akibat kios oleh-olehnya yang berada di lantai dasar ludes terbakar. “Ini musibah ya. Saya anggap cobaan,” ujar dia.

Diketahui, kebakaran hebat melanda basement Pasar Kosambi sejak Sabtu malam sekitar pukul 21.00. Api berhasil dipadamkan setelah 40 jam membakar pasar tersebut.

Api sulit dipadamkan karena titik api berada di dalam basement. Sementata kepulan asap tebal dari basement menyulitkan petugas menjangkau titik api. Petugas dari Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung berjibaku memadamkan api dengan mengerahkan 30 unit mobil pemadam.

Comments are closed.