Hujan Angin dan Gelombang Tinggi 4 Meter, Masyarakat Ternate Diimbau Waspada

11
213

Ternate NAWACITA – Masyarakat Kota Ternate Maluku Utara diimbau waspada. BMKG Stasiun Meteorologi Sultan Babullah Ternate memprediksi gelombang tinggi antara 2 sampai 4 meter disertai hujan dengan intensitas ringan sampai lebat saat ini masih potensi terjadi di wilayah Maluku Utara.

Terutama para pengguna tranportasi laut diminta selalu waspada dalam berlayar.

Kepala BMKG Stasiun Meteorologi Sultan Babullah Ternate melalui prakirawan cuaca Vianca Adjie Dwi Putra menyampaikan, gelombang tinggi sudah terjadi sejak bulan Desember 2018 lalu sampai dengan Januari 2019 dan juga diprediksi baru akan berakhir pada Pebruari 2019 nanti.

“Wilayah Maluku Utara dalam beberapa hari ke depan diprediksi masih akan terjadi hujan dengan disertai angin yang dapat menimbulkan gelombang tinggi 2 sampai 4 meter,” tutur Adjie, Rabu (16/1).

Ia menjelaskan, kondisi ini juga dipengaruhi adanya belokan angin di wilayah sekitar Maluku Utara yang mengakibatkan kumpulan awan hujan.

“Awan hujan ini akan mengakibatkan terjadi hujan disertai angin dan gelombang,” ungkapnya

Dalam beberapa hari kedepan lanjut dia, di wilayah ekuator dan daerah perairan di Wilayah Maluku Utara terutama di perairan Barat dan Timur, sangat berpotensi terjadi hujan disertai angin dan gelombang.

“Kepada masyarakat di Maluku Utara terutama perusahaan transportasi laut maupun nelayan, jika akan berangkat diminta untuk selalu memperhatikan kondisi laut,” pesannya.

“BMKG juga telah menyampaikan peringatan dini kepada instansi terkait untuk menjadi perhatian dalam keberangkatan kapal maupun lainnya,” pungkasnya.

Comments are closed.