12 ASN Pekanbaru Terlibat Koruptor Dipecat

13
195

Pekanbaru NAWACITA – Tahun ini pemerintah mengambil tindakan tegas terhadap para ASN (aparat sipil negara) yang terlibat kasus tindak pidana korupsi (tipikor). Kebijakan ini berlaku di seluruh pemerintah pusat maupun daerah seluruh Indonesia. Begitupun di lingkungan Pemkot Pekanbaru Riau,
sebanyak 12 ASN dipecat karena terlibat tipikor. Surat Keputusan (SK) Pemecatan sudah diserahkan.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDMP) Kota Pekanbaru, Masykur Tarmizi menyampaikan, pihaknya sudah mulai menyerahkan SK pemecatan, Senin (7/1) kepada para oknum ASN.

“Kami sudah mulai menyerahkan SK pemecatan kepada oknum ASN yang terlibat korupsi,” kata Masykur, Senin (7/1)

Ia menjelaskan, pemecatan 12 ASN tersebut sesuai Surat Keputusan Bersama (SKB) tiga lembaga yakni, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) dengan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB), serta Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN).

SKB tersebut secara umum mengatur pemberhentian tidak hormat para ASN yang terlibat korupsi.
Penyelesaian SKB ini seharusnya rampung pada Desember 2018 silam. Tapi pemerintah kota baru memecat para oknum ASN di awal tahun 2019.

“Setelah menerima SK tersebut tidak lagi punya hak sebagai ASN. Proses penyerahan sudah dilakukan sejak Senin,” ungkap Masykur.

Pihaknya, kata dia, sudah menyiapkan sejumlah berkas, mulai dari SK hingga petikan putusan pengadilan untuk memproses belasan oknum ASN itu sejak Desember 2018 lalu. Berkas tersebut dipersiapkan untuk melengkapi berkas pemecatan 12 oknum ASN ini.

Pihaknya sudah memproses seluruh berkas terkait belasan oknum ASN itu.
Walikota Pekanbaru pun sudah memberi arahan untuk memproses berkas para ASN yang tersangkut hukum itu.

Comments are closed.