Mulai Maret 2019, Ritel di Bekasi Dilarang Sediakan Kantong Plastik

1
139

Bekasi NAWACITA – Mulai tahun ini, Pemerintah Kota Bekasi akan memberlakukan peraturan larangan menggunakan kantong plastik. Aturan itu bakal efektif diterapkan mulai Maret 2019, dengan melaran semua perusahaan ritel menyediakan kantong plastik.

Kabid Penaatan dan Peningkatan Kapasitas pada Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi Ferdinan mengatakan, saat ini masih menunggu kesiapan ritel untuk tidak menggunakan kantong plastik.

“Kita akan mulai terapkan larangan itu Febuari atau paling lambat Maret. Sekarang kita masih menunggu kesiapan perusahaan ritel untuk tidak gunakan kantong plastik,” kata Ferdinan, Senin (7/1).

Saat ini, lanjutnya, pihaknya terus gencar melakukan FGD (Forum Group Discussion) dengan sejumlah perusahaan ritel, untuk memberi pengertian tentang pelarangan penggunaan kantong plastik.

“Tidak ada waktu sosialisasi, karena itu kita adakan FGD. Kita jelaskan soal bahaya penggunaan plastik dan larangan ini. Plastik ini kan jadi masalah nasional, bahkan dunia, yang harus jadi perhatian kita semua,” paparnya.

Ia menjelaskan, pihaknya juga akan memberikan solusi penganti kantong plastik dengan kantong terbuat dari nabati, kantong kain, dan lainnya.

“Tidak boleh jual atau sediakan sama sekali kantong plastik itu. Kita juga lakukan sosialisasi ke masyarakat melalui kecamatan hingga RT RW, untuk bisa mengubah pola pikir dan kebiasaan gunakan kantong plastik,” paparnya.

Ia menjelaskan, produsen sampah plastik terbanyak berasal dari rumah tangga. Untuk skala nasional, kata dia, per orang menghasilkan 0,7 kilogram sampah plastik per hari.

“Jadi kita bukan ke pengusaha ritel saja, ke masyarakatnya juga kita sosialisasikan. Ya dimulai dari masyarakat dulu, supaya dia keluar rumah itu bawa kantong kain sendiri atau apalah, jangan plastik,” bebernya.

Soal larangan penggunaan kantong plastik inu, sebelumnya, Pemkot Bekasi sudah memiliki Peraturan Wali Kota (Perwal) Nomor 61 Tahun 2018 tentang pengurangan penggunaan kantong plastik tersebut.

Comments are closed.