HIMNI Berharap Presiden Jokowi Buka Moratorium Pemekaran

11
1021

Riau, NAWACITA- DPD Himpunan Masyarakat Nias Indonesia (HIMNI) Riau memohon kepada Presiden Joko Widodo untuk mewujudkan pemekaran Kepulauan Nias sebagai sebuah Provinsi.

Hal ini disampaikan Sozifao Hia Ketua DPD HIMNI Riau saat bertemu dengan Presiden Jokowi dalam silaturrahmi antar etnis dan suku di Provinsi Riau, beberapa waktu lalu (15/12).

“Kami memohon kepada Presiden Bapak Jokowi atas nama masyarakat Nias agar pemekaran Provinsi Kepulauan Nias segera diwujudkan, “ jelasnya.

Sejauh ini, Pembangunan di Pulau Nias belum bisa maksimal karena program-program Provinsi di Sumatera Utara sangat minim sampai di Kabupaten dan Kota yang ada di Kepulaun Nias.

“Program pembangunan saat ini mengandalkan Kabupaten dan Kota yang ada.

Masyarakat Kepulauan Nias sangat bersyukur atas gagasan Bapak Presiden untuk memperpanjang landasan pacu Bandara Binaka, menambah daya listrik dan membanhun jalan Lingkar pada tahap awal ini Sirombu-Afulu sepanjang 42 km dan lebar 16 meter (rencana 8 meter)

Menanggapi hal tersebut, Presiden Jokowi menyatakan bahwa saat ini pemerintah menerima 187 permohonan pemekaran dari seluruh daerah di Indonesia. Nias salah satu daerah yang ingin dimekarkan sebagai sebuah provinsi.

“Kalau Nias di mekarkan menjadi Provinsi, maka ada 186 daerah lain yang juga menginginkan yang sama sehingga moratorium masih belum dibuka,” tutur Presiden.

Sekarang ini lanjut Presiden, Pemerintah harus melakukan upaya pembangunan infrastruktur, sambil diupayakan untuk menyesuaikan dengan situasi kepentingan negara.

“Kita harus sabar dan sekarang pemerintah sedang berusaha melakukan persiapan,” tandasnya.

Comments are closed.