Tunjukkan Nasionalisme, Bocah SMP Panjat Tiang Bendera Karena Tali Putus

0
217
Aksi Pelajar NTT naik tiang bendera di Hari Kemerdekaan.(Foto: Ist)

NTT, NAWACITA– Aksi heroik anak bangsa yang nekad memanjat t tiang bendera saat upacara peringatan HUT ke 73 RI di Nusa Tenggara Timur menjadi viral di media sosial.

Siswa SMP bernama Yohanis Gama Marschal Lau (sebelumnya ditulis Joni Kala) itu memanjat tiang bendera karena tali lepas saat upacara bendera sedang berlangsung.

Dari video yang beredar, Yohanis memanjat tiang yang cukup tinggi. Dia memanjat dengan cekatan di saat peserta upacara masih berbaris rapi.

Kepala Desa Silawan Ferdi Mones mengatakan upacara itu digelar pada pagi tadi. Upacara itu digelar di tingkat Kabupaten Belu. Tali terputus saat pengibar bendera hendak mengerek bendera.

“Pertama, bendera itu akan dikibarkan Paskibra. Sudah diikat talinya semua, saat Paskibra akan menarik bendera untuk dikibarkan, tali yang ada di ujung bendera itu putus. Sehingga tali itu langsung tersangkut di ujung tiang,” kata Ferdi saat berbincang dengan awak media, Jumat (17/8).

Setelah itu, secara spontan, Yohanis, yang merupakan peserta upacara, maju dan langsung memanjat tiang bendera. Ia merupakan siswa SMPN Silawan, Kabupaten Belu. Daerah ini merupakan perbatasan antara Indonesia dan Timor Leste.

Atas Nasionalisme Siswa di Nusa Tenggara Timur (NTT), Penjabat Gubernur NTT Robert Simbolon memberikan beasiswa pendidikan atas kecintaanya kepada Merah Putih.

 

(Red: Juan, sumber Dtk)