Datangi Pulau Reklamasi, Gubernur Anies Resmi Segel Pulau D dan B

1
248
Keterangan: Gubernur Anies Baswedan saat mendatangi Pulau Reklamasi

Jakarta, NAWACITA- Pemprov DKI Jakarta resmi menyegel bangunan di pulau reklamasi di Pulau D dan B, Pluit, Jakarta Utara. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan langsung mendatangi pulau ini untuk menyaksikan pemasangan spanduk tanda penyegelan.

 

Langkah Gubernur Anies ini merupakan bentuk dari janji kampanye saat bertarung di Pilkada DKI Jakarta. Dalam visi dan misi berkampanye, Anies memasukkan program kerjanya terhadap pulau yang berada di utara Jakarta ini.

 

Penyegelan dimulai dengan apel di Balai Kota yang dikuti 300 Satpol PP. Kemudian mereka menuju ke Pulau D untuk menyegel bangunan yang sudah berdiri kokoh tapi tak memiliki Izin Mendirikan Bangunan (IMB) itu.

 

Tak lama kemudian, Anies juga tiba di Pulau D untuk melihat langsung kondisi pulau reklamasi. Pengembang Pulau D dan B adalah PT Kapuk Naga Indah, anak usaha Agung Sedayu Group.

 

Anies sempat berkeliling ke beberapa sudut pulau, sementara aparat Satpol PP menyiapkan dua spanduk besar berukuran masing-masing 30×8 meter. Spanduk itu bertuliskan “Bangunan Ini Disegel” dan “Lokasi Ini Ditutup”. Anies menyaksikan langsung pemasangan spanduk besar ini.

 

Dalam data yang diterima Awak Media, di Pulau D yang juga disebut dengan Proyek Golf Island PIK terdapat 212 unit rumah kantor (rukan), 409 rumah tinggal, 311 unit rukan dan rumah tinggal yang belum selesai. Totalnya terdapat 932 bangunan yang tidak memiliki izin. Bertindak sebagai pengembang adalah PT Kapuk Niaga Indah.

 

“Karena semua bangunan tidak memiliki izin tapi sudah melakukan pembangunan, makanya semuanya kita segel dulu. Sini kita lakukan pengkajian. Kalau memang memungkinkan secara aturan tidak masalah untuk dilanjutkan, kalau tidak sesuai aturan ya kita bongkar,” ujar Kepala Dinas Cipta Karya Tata Ruang dan Bangunan DKI Jakarta Benny di Pulau D.

 

 

 

 

 

(Red: Ibnu, sumber Kumparan)

 

Comments are closed.