Pasangan Djarot-Sihar Berjanji Tingkatkan Kualitas dan Kuantitas UMKM

2
113
Keterangan: Drajot Saiful Hidayat Calon Gubernur Sumatera Utara nomor urut 2 Mendatangi Pelaku UMKM

 

SUMUT, NAWACITA- Drajot Saiful Hidayat Calon Gubernur Sumatera Utara nomor urut 2 berjanji akan mendorong kegiatan UMKM lebih maju dan meningkatkan taraf hidup pengusaha kecil.

 

Keinginan besar Djarot ini tidak terlepas dari banyaknya hasil produksi UMKM di Sumut yang belum terkenal dipasaran. Setiap daerah mempunyai hasil produksi UMKM yang berkualitas namun belum banyak berada dipasaran.

 

“Saya melihat potensi masyarakat besar. Hasil produksi para pelaku UMKM cukup bagus dan berkualitas namun terkendala dalam memasarkanya, “kata Djarot saat melakukan kampanye beberapa waktu lalu di Simalungun, (23/03).

 

Menurut Djarot, usaha kecil dan kreatif merupakan tiang yang mengokohkan perekonomian daerah sekaligus mendongkrak taraf hidup rakyat. Bila tidak ada dukungan pemerintah daerah secara langsung maka perlahan UMKM mati suri.

 

“Sinergi menjadi prioritas utama bila nanti kami terpilih. UMKM harus tumbuh dan besar agar perekonomia rakyat tumbuh, ungkapnya.

 

Misalnya saja, kata Djarot. Sumut mempunyai produk Kopi hasil produksi masyarakat namun tidak berkembang. Belum lagi dengan hasil produksi kerajinan tangan ataupun makanan ringan

 

“Kopi Sumut rasanya mak nyoss. Namun produksi kopi lokal ini hanya sebatas raja dipasaran lokal tidak bisa bersaing keluar daerah, tuturnya.

 

Selain itu pula, langkah yang dilakukan kedepan terhadap UMKM tidak sekedar pengembangan pasar dalam arti luas.Tetapi juga pengembangan sektor pendukung UKM itu sendiri. Seperti pendidikan, komunitas dan konsentrasi usaha oleh pengusaha lokal.

 

“Contohnya di Humbahas, kopi Arabika Lingtong, spesial dari dataran tinggi Danau Toba. Kopi itu kan istimewa dan saat ini sudah dikembangkan masyarakat. Nanti kita akan mendukung pengembangan kopi ini agar lebih maksimal dari yang ada saat ini,” tandasnya.

 

 

 

(Red: Kur)

Comments are closed.