Presiden Minta Tol Palindra Digratiskan Sampai Akhir Tahun

2
203
Foto: Ist

Nawacitapost РPresiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) Kamis (12/10) kemarin, meresmikan Jalan Tol Palembang-Indralaya (Palindra) Seksi I di Kabupaten Ogan Ilir (OI), yang merupakan jalan tol pertama di Sumatera Selatan. Agar fasilitas baru ini dapat dinikmati semua kalangan, Jokowi meminta jalan tol ini digratiskan sampai akhir tahun.

“Saya senang sekali, ya ini jalan tol pertama di Sumatera Selatan. Ini tol biar bisa dilihat dan dinikmati masyarakat dari sekarang sampai akhir tahun saya minta jangan dipungut (biaya) dulu,” ujarnya.

Lebih jauh Jokowi mengatakan sempat kaget saat pertama tiba dan melihat langsung gerbang tol yang sudah berdiri gagah. Menurutnya pembangunan tol dengan total panjang 21.39 Km ini lebih cepat dari perkiraannya. Padahal dia tahu betul bahwa kondisi tanah di lokasi tersebut rawa-rawa sehingga membutuhkan kerja keras serta konstruksi khusus seperti penyedotan dari bagian bawah tanah yang menyulitkan.

“Masuk kesini kaget. Karena saya sudah empat kali datang. Saya lihat tol ini medannya sangat berat, medan rawa. Kenapa saya datang empat kali? saya ingin memberikan semangat dan motivasi,” jelasnya.

Lanjut Jokowi, proyek-proyek seperti ini memang mesti sering didatangi agar permasalahan-permasalahan sepele yang menghambat pengerjaan proyek bisa cepat terselesaikan. Karena berdasarkan pengalamannya sejumlah proyek banyak mandek karena hal-hal kecil yang tak bisa diselesaikan pemegang otoritas.

“Contoh di Balikpapan Samarinda, proyek berhenti sampai 8 tahun. Saya telpon Kodam dan KLHK beres. Sebab itu juga saya kesini untuk kasih semangat itu,” tambahnya.

Sementara itu, Gubernur Sumsel Alex Noerdin mengatakan peresmian Jalan Tol Palindra ini merupakan impian 8 juta lebih warga Sumsel. Sejak zaman Belanda baru ini Sumsel akhirnya memiliki jalan tol pertama. Hal ini tentu saja menjadi hal yang membanggakan terlebih Presiden Jokowi sendiri yang turun meresmikannya.

“Sudah banyak Presiden tapi Alhamdulillah baru di zaman Pak Jokowi inilah keinginan kami masyarakat Sumsel punya jalan tol bisa kesampaian, mudah-mudahan Januari 2018 nanti selesai” ujarnya bersemangat.

Dijelaskan Alex, tol ini nantinya memiliki panjang total 21,39 Km. Jumlah tersebut terbagi menjadi 3 seksi yakni seksi 1 sepanjang 7.75 Km, kemudian Seksi 2 sepanjang 4, 195 Km dan seksi 3 sepanjang 9,8 Km. (hadi)

Comments are closed.