Pembangunan Bendungan Ciawi dan Sukamahi Hampir Rampung

11
266
Foto sekadar ilustrasi / Foto: Ist

Nawacitapost.com –¬†Kementerian PUPR juga tengah mengkonstruksi dua bendungan di Jawa Barat untuk pengendali banjir yang dimulai pada 2016. Bendungan pertama adalah Bendungan Ciawi di Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor. Bendungan Ciawi ditargetkan selesai pada 2019 dengan biaya pembangunan sebesar Rp 798 miliar. Bendungan tersebut memiliki kapasitas tampung 6,45 juta m3 dan mereduksi banjir hingga 160 m3/detik. Hingga saat ini Kementerian PUPR telah melakukan ganti rugi tanah mencapai Rp 76 miliar.

Bendungan kedua adalah Bendungan Sukamahi yang juga terletak di Kecamatan Cisarua dan telah dimulai pembangunannya sejak 2016. Untuk pembangunan Bendungan Sukamahi, dana yang dibutuhkan mencapai Rp 436,97 miliar untuk membangun bendungan berkapasitas tampung 1,68 juta m3 dan bermanfaat mereduksi banjir mencapai 29 m3/ detik.

Berbeda dari bendungan lain yang dibangun untuk ketahanan pangan dan air baku, Bendungan Ciawi dan Sukamahi berfungsi untuk mengejar kapasitas pengendalian banjir. Saat hujan datang, bendungan akan memperlambat aliran air hujan ke Jakarta.

Untuk sektor perumahan, Kementerian PUPR membangun beberapa rumah swadaya di beberapa lokasi di Kabupaten Bogor seperti Dusun Kranggan dan Desa Berkah. Untuk rumah swadaya, Kementerian PUPR memberikan dana bantuan masing-masing sebesar Rp 15 juta. (faj)

 

Comments are closed.