RI-Malaysia Sudah 6 Kali Berunding Soal Perbatasan

0
54
Perbatasan RI-Malaysia (Foto: Net)

Nawacitapost.com – Utusan Khusus Presiden bidang PBM RI-Malaysia Eddy Pratomo mengemukakan, pemerintah RI sudah 6 kali berunding dengan pemerintah Malaysia.

Menurut Eddy, pihaknya sudah mulai membuat garis-garis batas dengan Malaysia, dan ada beberapa segmen yang mulai dipahami kedua negara.

“Kita sedang merancang suatu garis laut teritorial antara Tawau dan Sebatik ini. Kalau garis itu nanti disepakati, mudah-mudahan tahun depan, syukur-syukur tahun ini, karena tahun ini ada pertemuan antara Presiden (RI) dengan PM Malaysia,” kata Eddy di Pos Angkatan Laut, Sei Pancang, Pulau Sebatik, Kabupaten Nunukan, Kaltara, Selasa (13/6) siang.

Utusan Khusus Presiden bidang PBM RI-Malaysia itu berjanji akan menjadikan permasalahan-permasalahan yang disampaikan Bupati Nunukan sebagai bahan perundingan lebih lanjut dengan pemerintah Malaysia.

“Batas laut teritorial sangat penting, kalau bisa diputuskan pada tahun ini sehingga aspek pengamanan illegal fishing, soal pelanggaran wilayah, itu akan segera tertangani. Ada kepastian hukum,” tutur Eddy.

Dalam kunjungan ke Pulau Sebatik itu, UKP PBM RI-Malaysia itu didampingi oleh Tim Ahli Damos Dumoli Agusman dan Prof. Sobar Sutisna, Asisten UKP PBM RI-Malaysia Purnomo Chandra dan Eddy Soetjipto.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here