Mendagri Apresiasi Data Perekaman Kabupaten Tulungagung

1
170
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo / Foto: Ist

Nawacitapost.com – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menargetkan distribusi blanko  KTP elektronik (KTP-el) selesai pada Oktober 2017. Sekitar 7 juta keping blanko dicetak bertahap dan mulai disebar ke sejumlah daerah yang membutuhkan.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengatakan, ada sebanyak 4,6 juta penduduk yang telah melakukan perekaman, namun belum memperoleh fisik KTP-el. Mereka akan segera memperoleh blanko KTP-el, sekarang sedang dicetak bertahap.

“Hanya saja pencetakan ini dilakukan bertahap. Nanti Oktober selesai,” kata Tjahjo di Tulungagung, Jawa Timur, Sabtu (13/5).

Tjahjo juga mengapresiasi itikad baik masyarakat Tulungagung dan pemerintah daerah setempat. Menurut dia, dibandingkan dengan jumlah perekaman nasional, kabupaten ini mempunyai angka yang lebih tinggi yakni 98 persen, penduduknya telah miliki data tunggal.

Sebelumnya, Mendagri juga mengatakan kalau nanti sisa dari jumlah 4,6 juta blanko KTP el tersebut akan menjadi cadangan blanko KTP pemerintah. Itu dibutuhkan untuk mereka yang memerlukan fisik KTP el baru karena rusak, hilang atau pindah statusnya. (rian)

 

Comments are closed.