131 Desa di Purwakarta Akan Melek Internet

0
143
Taman Sri Baduga/DOK HUMAS PURWAKARTA

Nawacitapost.com – Kepala Bidang Jaringan Teknologi Informatika pada Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Purwakarta, Enung Asikin menyebut, ada 71 desa yang belum memiliki jaringan internet yang akan segera terkoneksi tahun ini. Kecepatan jaringan sebesar 2 mbps sudah dapat dinikmati di 60 desa yang sudah terkoneksi.

“Sisanya pertengahan tahun ini sudah bisa selesai,” kata Enung Asikin, Minggu (16/4/2017).

Upaya agar desa-desa mendapat akses jaringan internet merupakan program Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi untuk membuat ‘Kampung Gaul’ yang tersebar di seluruh desa di Purwakarta.

Program tersebut bertujuan menciptakan desa yang melek internet agar promosi potensi dan hasil pembangunan di pedesaan dapat terpublikasi secara real time.

Sebanyak 60 desa dari total 131 desa di Purwakarta kini sudah terkoneksi jaringan internet. Kendala yang dihadapi terkait tipologi kontur wilayah pedesaan yang terdiri atas perbukitan yang kerapkali sulit menerima sinyal.

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Purwakarta sudah menyediakan spot WiFi yang tersebar di beberapa titik di daerah perkotaan. Warga dalam dan luar Purwakarta bebas mengaksesnya melalui free-pwk.istimewa@wifi.id.

Spot WiFi tersebut di antaranya berada di area Taman Air Mancur Sri Baduga di Jalan KK Singawinata, Taman Maya Datar dan Taman Pancawarna di kompleks Setda Kabupaten Purwakarta di Jalan Gandanegara. Kemudian Taman Pesanggrahan Padjadjaran di Jalan Mr Dr Kusuma Atmadja, hingga Taman Pembaharuan di Jalan Babaru Nagari.

Kawasan tersebut menjadi tempat favorit warga untuk menggunakan jaringan internet ini. Kecepatan internet di taman-tersebut mencapai 50-60 mbps.

“Untuk daerah kota sudah kita lakukan pemasangan sejak lama, kecepatannya kita tambah menjadi 100 mbps plus akses 24 Jam non stop,” tuturnya.

“Kita gunakan jaringan satelit, karena kan biasanya desa sulit sinyal. Anggarannya Rp 900 Juta,” tambah Enung. (val)