Larangan Impor Bawang Putih untuk Lindungi Petani Lokal

2
287
Foto: Net

Nawacitapost.com – Menteri Pertanian Amdi Amran Sulaiman mengatakan, keberadaan bawang putih sebagai salah satu bahan pangan harus dilindungi. Untuk itu, pemerintah akan melarang impor bawang putih karena untuk melindungi jutaan petani bawang di Indonesia.

“Saya tidak akan biarkan impor produk pertanian masuk, mulai bawang merah, jagung, dan beras. Dan kita bisa buktikan kita mampu berswasembada,” ujar Amran saat menghadiri panen raya bawang putih dan gerakan tanam cabai di Desa Petarangan, Temanggung, Jawa Tengah (Rabu, 12/4/2017).

Menurutnya, bantuan untuk pengembangan budidaya bawang putih di Temanggung sudah ditingkatkan dari Rp 1 miliar menjadi Rp 15 miliar. Tidak main-main, Amran menargetkan tahun 2017 ini, luas tanam bawang putih di Temanggung seluas 800 hektar, 2018 seluas 10.000 hektar, dan 2019 mencapai luas 20.000 hektar.

Dalam panen raya kali ini, Kementerian Pertanian menyerahkan bantuan alat pertanian secara simbolik kepada beberapa kelompok tani di Temanggung, berupa hand traktor G1000 sebanyak tiga unit hand traktor rotary empat unit, sepeda motor roda tiga 17 unit, cultivator 22 unit, benih cabai keriting seluas 20 hektar, dan benih cabai rawit 20 hektar.

Acara panen raya juga dihadiri Wakil Gubernur Jateng Heru Sudjatmoko, Bupati Temanggung Bambang Sukarno, Komite II DPD RI Denty Eka Widi, serta perwakilan Pangdam IV Diponegoro. (fajar)

Comments are closed.