Pemerintah Lakukan Sejumlah Investasi Guna Sejahterakan Petani

0
238
Foto: SPI

Nawacitapost.com – Kementerian Pertanian optimis seluruh program pemerintah terkait kesejahteraan petani dapat dijalankan dengan baik, seperti investasi dalam bidang pengadaan alat mesin pertanian, pupuk subsidi, hingga pengadaan benih.

“Bentuk investasi seperti ini diyakini akan berdampak pada menurunnya biaya produksi yang harus dibayar oleh petani,” ujar Kepala Biro Humas dan Informasi Publik Kementan, Agung Hendriadi, di Jakarta, Selasa (4/4/2017).

Bentuk perhatian pemerintah lainnya terhadap petani, ujar Agung, diwujudkan dengan meluncurkan program Asuransi Usaha Tani (AUT).

“Sampai dengan saat ini, sudah 656 ribu hektare lahan petani yang sudah diasuransikan dan hampir seluruh lahan usaha tani yang terkena puso,” jelasnya.

Dia mengatakan, pemerintah juga menetapkan Harga Pembelian Pemerintah (HPP) dan harga dasar untuk melindungi petani dari kemungkinan anjloknya harga saat musim panen.

Penatapan tersebut dilakukan dengan mempertimbangkan margin yang wajar diterima oleh petani dan tidak mendongkrak inflasi.

Dalam mengukur efektivitas program-program tersebut, masih kata Agung, Kementerian Pertanian tidak menjadikan Nilai Tukar Petani (NTP) dan Nilai Tukar Usaha Pertanian (NTUP) yang dirilis bulanan sebagai tolok ukur utama.

Kedua data itu baru bisa dibaca sebagai tingkat kesejahteraan petani bila diambil dalam rentang waktu yang tepat, mengingat indeks harga berfluktuasi secara harian dan bulanan.

“Karena itu, analisis NTP dan NTUP dikaitkan dengan kesejahteraan petani sebaiknya minimal dilakukan per satu musim tanam untuk petani tanaman semusim, dan tahunan untuk petani tanaman tahunan,” katanya. (val)