Sudah 7 PLBN di Kalimantan Barat yang Diresmikan Presiden

0
210
Presiden Jokowi saat memberikan sambutan dalam peresmian PLBN Aruk, di Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat (Kalbar), Jumat (17/3/2017) siang / Foto: Istimewa

Nawacitapost.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo meresmikan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Terpadu Aruk, yang berlokasi Sajingan Besar, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat (Kalbar), Jumat (17/3/2017).

Dengan peresmian PLBN Terpadu Aruk ini, maka sampai hari ini sudah ada 7 (tujuh) PLBN di Provinsi Kalbar yang telah diresmikan oleh Presiden Jokowi. Tiga bulan lalu, Presiden Jokowi sudah meresmikan PLBN Entikong, sementara pada Kamis (16/3) kemarin, Presiden juga telah meresmikan PLBN Nanga Badau, di Kabupaten Kapuas Hulu.

Jokowi berharap agar Pos Lintas Batas Negara yang ada di Aruk bisa menjadi titik pertumbuhan ekonomi atau dengan kata lain bisa menumbuhkan ekonomi masyarakat.

“Jangan hanya sebatas ini sebagai Kantor Imigrasi, Kantor Karantina, Kantor Bea Cukai, tidak seperti itu. Harusnya masyarakat bisa memanfaatkan Pos Lintas ini untuk menumbuhkan ekonomi yang ada di Kabupaten Sambas,” tutur Jokowi, dalam sambutannya, Jumat (17/3/2017).

“Memang kita ingin pos-pos ini bisa kita pakai untuk akses ekspor produk-produk lokal, produk-produk Indonesia ke negara tetangga. Jangan yang dari sana ke sini, tapi dari sini ke sana. Baik dalam bentuk kayak kemarin ikan, di sini juga sama ada CPO, juga sama. Saya kira akan mempercepat ekonomi di perbatasan,” katanya.

Jokowi menunjuk contoh PLBN Badau yang sudah dipakai untuk ekspor untuk CPO, yang sudah banyak sekali. 70 ribu metrik ton, dan tahun ini akan naik menjadi 120 ribu metrik ton. “Saya kira kesempatan yang harus diambil di situ, tidak ada yang lain,” ujarnya.

Dengan adanya PLBN Aruk yang dilengkapi dengan peralatan dan prasarana yang memadai, Jokowi meminta produk jeruk Sambas bisa didorong untuk ekspor, lada juga didorong untuk ekspor, demikian juga buah naga. (hadi)