Menko Kemaritiman menjawab pertanyaan wartawan usai mengikuti Rapat Terbatas, di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (14/3/2017) / Foto: Istimewa

Nawacitapost.com – Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan meminta hasil investigasi kerusakan terumbu karang di Raja Ampat, Papua Barat, segera diserahkan dalam satu dua hari ini.

Dia memastikan kerusakan yang terjadi itu cukup parah setelah ditabrak kapal wisata Caledonian Sky milik operator tur Noble Caledonia pada 4 Maret 2017 silam.

“Terumbu karang di sana merupakan salah satu terumbu karang yang baik dan langka. Karena itu, pemerintah melakukan investigasi,” kata Luhut usai Rapat Terbatas tentang Evaluasi Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional dan Program Prioritas di Kalimantan Barat, di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (14/3/2017) petang.

Hingga saat ini, identifikasi lapangan terus dilakukan oleh Kemenko Kemaritiman maupun Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk menaksir besarnya kerugian akibat kerusakan.

“Kita belum tahu, masih dilihat semua lagi. Kita tidak mau seperti Montara itu yang lambat penyelesaiannya. Kita mau coba cepat,” jelas Luhut.

“Butuh waktu puluhan bahkan ratusan tahun lagi sampai terumbu karang bisa tumbuh lagi,” sambungnya. (jar)

 

 

Baca juga :  Gempabumi Nias Barat M 6.7, Pusdalops BNPB Terima Laporan dari 11 BPBD

Comments are closed.