Foto: Istimewa

Nawacitapost.com – Gubernur Kepulauan Riau Nurdin Basirun berharap ke depannya akan banyak anak Natuna, atau yang dibahasakan oleh Nurdin dengan ‘anak pulau’, bisa dilibatkan di proyek-protek besar Pemerintah Pusat di Natuna.

Harapan tersebut dilontarkan Nurdin setelah sejumlah menteri mencanangkan Gerakan Pengembangan Terpadu Kawasan Perbatasan (Gerbangdutas) tahun 2017 di Gedung Serba Guna Sri Srindit, Ranai, Kabupaten Natuna, Rabu (8/3/2017) silam.

Tercatat, menteri dan pejabat yang datang ke Natuna dalam rangka pencanangan Gerbangdutas adalah Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Republik Indonesia (Menkopolhukam RI) Wiranto, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Wakasad Letjen. TNI M. Erwin Syafitri, WAKASAL Laksda TNI Arie Henrycus Semburing, WAKASAU Marsma TNI Jadiyan Suminta Atmadja dan Kasum Mabes TNi Laksda TNI Didit Herdiawan.

Menurut Nurdin, tujuan pencanangan Gerbangdutas ini salah satunya adalah untuk mensejahterakan masyarakat pesisir.

“Nawacita ketiga ini sangat bagus. Karena masyarakat pinggir menjadi diperhatikan. Yang jelas, masyarakat kami dipinggiran ini memang perlu sentuhan pusat,” kata Nurdin.

Total rekapitulasi anggaran pengelolaan perbatasan negara tahun 2017 sebesar Rp17,8 triliun. Sedangkan alokasi untuk Kepulauan Riau adalah Rp 470,6 miliar untuk Kabupaten Natuna, Rp 296,6 miliar untuk Batam, Rp 158,8 untuk Kabupaten Bintan, Rp 168,1 miliar untuk Kabupaten Kepulauan Anambas dan Rp 162,6 miliar untuk Kabupaten Karimun. (faj)

 

Baca juga :  Kasrem 082/CPYJ Sambut Kunjungan Kerja Tim Terpadu Spamad

Comments are closed.