Nawacitapost.com – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan pihaknya sedang menyiapkan pembangunan Bendungan Baliem dengan daya tampung 200 juta m3 dan potensi pembangkit listrik 50 MW.

“Rehabilitasi irigasi dilakukan secara padat karya yang melibatkan perkumpulan petani pemakai air,” kata Basuki, dalam keterangan tertulisnya, Senin (6/3/2017).

Selain pembangunan bendungan,  pembangunan di sektor perumahan juga dilakukan. Di antaranya adalah memperbaiki rumah-rumah yang tidak layak huni melalui program rumah swadaya sebanyak 3.500 unit di Provinsi Papua dan Papua Barat.

“Selain itu ada program rumah khusus yang dibangun untuk nelayan, tenaga medis, dan pemuka agama,” katanya.

Adapun total dana APBN dari Kementerian PUPR untuk membangun infrastruktur di Papua dan Papua Barat tahun ini sebesar Rp 7,61 triliun, belum termasuk Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp 2,18 triliun.

Menurut Basuki, meski dana yang dialokasikan cukup besar, namun belum mencukupi untuk seluruh program yang dibutuhkan. Terlebih tantangan alam yang ekstrem dalam pembangunan infrastruktur Papua dan Papua Barat. (hadi)

Baca juga :  Pemerintah akan Bangun Hunian untuk Warga Terdampak APG Semeru

Comments are closed.