BNPB: Anggaran Tahun 2019 Dipangkas Dari Rp746 Miliar Menjadi Rp610 Miliar

0
29
Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho. (Foto: Ist)

 

Jakarta, NAWACITA– Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mulai mengeluhkan anggaran yang minim ditengah maraknya bencana akhir-akhir tahun ini.

Diungkapkan Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho bahwa tahun ini anggaran lebih kecil dibanding tahun lalu sedangkan potensi bencana di Indonesia demikian tinggi

Sutopo menjelaskan dalam palu anggaran ditahun 2018, BNPB mendapatkan anggaran sebesar Rp746 miliar. Angka ini malah diturunkan menjadi Rp610 miliar untuk tahun 2019.

“2019 saja Rp 610 miliar. Ini untuk meng-cover seluruh Indonesia,” kata Sutopo dalam di kantor BNPB, Jakarta, Selasa (25/12).

Padahal, lanjut dia, hampir di seluruh wilayah Indonesia merupakan rawan bencana seperti gempa bumi, tsunami, puting beliung, dan longsor. Idealnya, kata Sutopo, alokasi anggaran untuk BNPB sekitar 1 persen dari jumlah APBN.

“Idealnya ditambah, kalau perlu Rp2 triliun,” kata Sutopo.

Sutopo mengatakan pihaknya sudah melakukan perhitungan dan pengajuan pagu anggaran setiap tahunnya. Namun kemudian yang disetujui oleh Kementerian Keuangan itu jauh dari nilai yang diajukan.

“Jadi kalau kita lihat politik anggaran tidak mendukung penanggulangan bencana,
karena anggarannya kecil,” kata Sutopo.

 

(Red: Daril, sumber Ist)

Tinggalkan Balasan