Bertemu Jaksa Agung Malaysia, Menteri Yasonna Laoly Perkuat Kerjasama Hukum Internasional

0
126
Menkumham Yasonna H Laoly (kanan) bersama Jaksa Agung Malaysia Tommy Thomas membahas kerja sama hukum internasional Indonesia-Malaysia, di Malaysia, Rabu (29/8). (Foto: JPP)

Jakarta, NAWACITA– Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham), Yasonna Hamonangan Laoly melakukan kunjungan kerja ke Malaysian untuk menindaklanjuti pertemuan Presiden Joko Widodo dengan Perdana Menteri Malaysia.

Kedatangan Menteri Yasonna Laoly ini untuk menjalin sekaligus meningkatkan kerja sama Indonesia-Malaysia dalam bidang hukum. Jaksa Agung Malaysia, H.E Tommy Thomas menerima kedatangan Menteri Yasonna Laoly  saat berada di Malaysia.

Pertemuan dari kedua pejabat negara ini sebagai bentuk keseriusan Pemerintah Indonesia dan Malaysia yang bertemu beberapa Yasonna mengatakan, Kemenkumham melihat komitmen yang kuat antara Presiden Jokowi dan Perdana Menteri Mahathir Mohamad terkait kerja sama hukum internasional.

“Terutama kerja sama hukum Mutual Legal Assistance (MLA) atau hukum timbal balik. Juga hukum ekstradisi yang sudah berjalan antara Indonesia-Malaysia,” kata Yasonna, Rabu (29/8).

“Kami berdua memiliki pandangan yang sama, bahwa kami harus mengambil kesempatan ini untuk memperkuat kerja sama di bidang tanggung jawab masing-masing, yaitu kerja sama penegakan hukum internasional,” sambungnya.

Menkumham menerangkan, pihaknya selalu percaya semua keberhasilan kerja sama penegakan hukum internasional terletak pada komitmen negara-negara untuk bekerja sama dalam mencari solusi dari perbedaan sistem hukum.

Semisal kerja sama dalam memerangi kejahatan trans nasional, yang cenderung berkembang pesat dan menjadi ancaman bagi Indonesia-Malaysia. Kemenkumham berkomitmen dalam kerja sama itu, walau terdapat perbedaan sistem hukum kedua negara, dan tidak menghambat efektivitas serta keberhasilan kerja sama hukum Indonesia-Malaysia.

“Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Jaksa Agung Malaysia atas komitmen untuk menangani permintaan untuk mempertimbangkan permintaan baru-baru ini terhadap kasus pencucian uang. Saya memahami pejabat kementerian saya mengadakan pertemuan yang bermanfaat kemarin dengan para pejabat Kejaksaan Agung Malaysia,” jelasnya.

Di sela-sela bertemu Jaksa Agung Malaysia H.E Tommy Thomas, Menkumham mengatakan, akan digelar forum untuk memajukan kerja sama hukum internasional Menteri Hukum se-ASEAN pada tahun ini.

“Pertemuan Menteri Hukum se-ASEAN akan diselenggarakan di Laos pada bulan Oktober tahun ini,” ujarnya.

 

(Red: Faiz, sumber JPP)

Tinggalkan Balasan