Berada Dalam Rangking ke 16 Muslim Berpengaruh di Dunia, Presiden Jokowi: Saya Tetap Fokus Kerja

0
96
Presiden Jokowi (tengah) ditemani Wapres JK dan Cawapres nomor urut 1, KH Ma'ruf Amin.

 

Semarang, NAWACITA– Presiden Joko Widodo mempersembahkan penghargaan yang dia dapatkan sebagai orang muslim berpengaruh di dunia kepada seluruh masyarakat Indonesia.

Pusat Studi Strategi Islam Kerajaan (The Royal Islamic Strategic Studies Centre/RISSC), lembaga riset independen yang terafiliasi dengan Institut Aal Al Bayt Kerajaan untuk Pemikiran Islam, yang bermarkas di Amman, Yordania menempatkan Presiden Joko Widodo pada rangking ke 16 sebagai muslim berpengaruh.

“Alhamdulillah, saya kira sebuah penghargaan untuk kita semuanya, sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia,” kata Presiden Jokowi seusai berkunjung ke Pondok Pesantren Bugen Al-Itqon, Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (20/10).

Namun lebih lanjut, Presiden mengatakan bahwa dirinya akan tetap fokus bekerja.   “Tapi saya tetap terus akan bekerja apa adanya, seperti biasanya,” ucapnya.

Selain Presiden Jokowi, ada dua tokoh Islam Indonesia yang masuk dalam daftar 50 tokoh muslim berpengaruh di dunia itu, yaitu Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH. Said Aqil Siradj dan Ketua MUI Jateng Maulana Al-Habib Muhammad Luthfi bin Ali bin Yahya atau dikenal Habib Luthfi.

Untuk diketahui, dalam penelitian yang dilakukan RISSC merumuskan muslim yang dipilih adalah mereka yang menimbulkan dampak terhadap dunia muslim. Dampak ini bisa positif atau negatif, tergantung sudut pandang yang digunakan.

Daftar 50 Nama Teratas (Top 50) didominasi cendekiawan dan kepala negara. Ada 13 kategori secara keseluruhan dalam hal ini, yakni dalam bidang ilmu, politik, administrasi hubungan keagamaan, pengkhotbah dan pemimpin spiritual, filantropi/dermawan, isu sosial, sains dan teknologi, seni dan budaya, pembacaan Alquran, media, selebritas dan bintang olahraga, serta bidang ekstremisme.

 

 

(Red: Faiz, sumber Setkab)

Tinggalkan Balasan