Bawaslu Ingatkan Sanksi Berat Jika Peserta Pemilu Melakukan Kampanye Negatif

0
45
Ketua Bawaslu Abhan (Foto: BS)

 

Jakarta, NAWACITA– Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) mengingatkan berbagai pihak terutama partai politik untuk tidak melakukan kampanye negatif.

Kepada awak media, Ketua Bawaslu RI, Abhan menyatakan bahwa sekolompok orang atau organisasi yang menyebarkan kampanye negatif tetap bisa dikenakan sanksi sesuai Pasal 280 UU Pemilu.

Sebagaimana sebelumnya, Bawaslu RI telah melakukan pemberitahuan dan imbauan kepada semua pihak peserta pemilu agar menjalankan dan menerapkan kampanye yang sejuk.

“Apakah itu masuknya fitnah atau enggak, lihat itu (pasal 280) jadi lihat kasusnya,” kata Abhan di Jakarta, Selasa (16/10).

Kemudian Abhan menegaskan agar konten kampanye yang disampaikan kepada publik tidak berujung pada kampanye hitam karena kontenya yang bisa memunculkan hal-hal yang negatif.

Oleh karen itu, semua bentuk kegiatan yang menarik suara pemilih harus disampaikan dan diinformasikan secara positif kepada para pemilih.

“Jadi kalau persoalan kampanye negatif atau kampanye hitam harus lihat per kasus,” ucapnya.

Ia menjelaskan, kampanye hitam lebih pada fitnah. Sedangkan kampanye negatif maksudnya mengungkapkan fakta atau kebenaran.

“Misal si A pernah divonis sebagai koruptor, kemudian menyampaikan ke publik, itu bukan kampanye hitam,” tandasnya.

 

 

 

(Red: Pendi, sumber TS)

Tinggalkan Balasan